Home Kendaraan Niaga Bus Isuzu Indonesia Siap Bertarung di Pasar Big Bus Tahun Depan

Isuzu Indonesia Siap Bertarung di Pasar Big Bus Tahun Depan

744
0
Isuzu Indonesia Siap Bertarung di Pasar Big Bus Tahun Depan
Isuzu NQR 71 Bus. Sumber: Isuzu Astra Motor Indonesia (www.isuzu-astra.com)

Jakarta – Pasar bus yang saat ini tengah naik positif, membuat Isuzu Indonesia juga tertarik untuk turut bertarung sepenuhnya di pasar pengangkut penumpang ini mulai tahun 2018.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), sampai kuartal pertama 2017, penjualan bus tumbuh lebih dari dua kali lipat, dari 123 unit menjadi 253 unit. Ditemui saat Buka Bersama Isuzu Indonesia, Rabu (7/6), Takuji Kani, Direktur Sales, Marketing dan After Sales Service PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menyatakan bahwa saat ini mereka memang tengah mempelajari pasar bus besar (Big Bus) untuk bersaing dengan pabrikan lain yang sudah lebih dulu hadir.

“Sejak awal tahun ini (2017), kami telah mulai masuk ke segmen big bus dengan tipe LT, meskipun masih kami batasi konsumennya. Saat ini kami memilih siapa konsumen yang dapat menggunakan bus LT milik kami untuk dapat mengetahui feedback mengenai produk kami, sekaligus kami terus mengembangkan layanan after sales yang paling baik bagi konsumen bus kami,” ujar Takuji. Diakui Takuji, saat ini bus dengan chassis Isuzu LT baru digunakan tak lebih dari 20 unit bus yang digunakan oleh sekitar 10 perusahaan bus di Indonesia. “Kami akan pelajari dalam tiga hingga enam bulan ke depan, sebelum mulai benar-benar bersaing di segmen ini,” tambahnya.

Saat ini, chassis Isuzu LT peruntukkannya memang disiapkan khusus untuk bus penumpang, sementara di segmen bus lainnya, PT IAMI telah memiliki Isuzu N-Series atau dikenal sebagai Elf di kelas micro bus dan Isuzu NQR di kelas medium bus, dimana chassisnya juga digunakan untuk truk. “Penggunaan Elf dan NQR sebagai bus mencapai 30 persen dari total penjualan chassis Isuzu Elf dan NQR oleh kami saat ini. Untuk kelas medium bus, tahun lalu kami menjual hingga 500 unit Isuzu NQR,” ujar Takuji.

Dalam kesempatan yang sama, IAMI juga mengungkapkan optimismenya tahun 2017 ini dengan menargetkan penjualan produknya hingga 22.000 unit. Hal ini berbeda dengan target yang sempat disampaikan awal tahun 2017 lalu yang menyebutkan target penjualan total sebesar 18.390 unit. Tahun 2016 lalu, Isuzu juga sukses meraih pangsa pasar hingga 13,7 persen. IAMI akan ikut serta di ajang GAIKINDO Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2017 bulan Agustus mendatang dan menjanjikan untuk mengusung beberapa produk barunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here