Home Roda Niaga Tata Motors Klaim Mesin Diesel Kendaraan Niaganya Terbaik

Tata Motors Klaim Mesin Diesel Kendaraan Niaganya Terbaik

268
0
Tata Motors

Mumbai – Dalam laporan tahunan 2015-2016 Tata Motors mengungkapkan bahwa sejak beberapa tahun lalu telah mengembangkan sejumlah powertrain.

Powertrain-powertrain tersebut diklaim menawarkan pengalaman berkendara terbaik di kelasnya sekaligus memberikan beberapa keuntungan berupa efisiensi bahan bakar, performa dan biaya perawatan.

Di segmen kendaraan niaga atau komersial, Tata Motors telah melakukan investasi strategis dalam mengembangkan dan memproduksi mesin-mesin diesel generasi baru 3.000cc dan 5.000cc. Kedua mesin menghadirkan beberapa inovasi berupa off-set crankshaft, top-down cooling, piezo injectors dan lain-lain, serta disiapkan untuk memenuhi regulasi BS VI (India Bharat Stage VI Emissions Standards).

Kedua mesin tersebut dikembangkan bersama perusahaan-perusahaan ternama seperti Delphi, Federal Mogul, BorgWarner. Tata memproduksi keduanya di Pune.

Di segmen kendaraan niaga menengah dan berat, Tata Motors bekerjasama dengan Cummins. Kolaborasi mereka bisa dilihat di Tata Signa yang diluncurkan pada Februari 2016 di Auto Expo.

Signa 4923.S, misalnya, menggunakan jantung mekanis Cummins ISBe 5.9 common rail diesel bertenaga 230 hp dan bertorsi 850 Nm. Mesin tersebut diklaim paling irit BBM (bahan bakar minyak) di kelasnya.

Tata dan Cummins melahirkan mesin-mesin itu di Phaltan dan Jamshedpur.

Cummins sendiri merupakan desainer, penjual, dan produsen mesin-mesin diesel yang berdiri sejak tahun 1919, dan bermarkas di Columbus AS.  [Itn]

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here