Home Roda Niaga Perkuat Penetrasi ke Pasar, UD Trucks Rakit Truk di Indonesia

Perkuat Penetrasi ke Pasar, UD Trucks Rakit Truk di Indonesia

559
0

Jakarta – PT UD Trucks Indonesia bersama PT Tjahaja Sakti Motor dan PT Gaya Motor, Selasa (18/10) resmi mengoperasikan pabrik perakitan truk model Quester di Sunter, Jakarta Utara. Langkah ini disebut sebagai upaya lanjutan setelah peluncuran truk Quester tahun 2013 lalu.

“Pembukaan fasilitas ini merupakan upaya lanjutan dari UD Trucks terhadap pasar Indonesia setelah launching produk Quester pada tahun 2013 lalu,” tutur Presiden Direktur PT UD Trucks Indonesia, Valery Muyard, di Jakarta, Selasa (18/10).

Menurutnya, sejak tahun 2012, Indonesia menjadi salah satu pasar paling penting bagi UD Truck di Asia. Sebab, sebagian besar pendapatan dari Grup Volvo di wilayah ini disumbangkan oleh Indonesia.

“Penetrasi UD Trucks yang kuat di Indonesia merupakan faktor yang paling penting di balik posisi Grup Volvo yang kuat dan terus bertumbuh,” ujar Valery.

ud-truck-pabrik-perakitan-baru-di-indonesia-1Ia menegaskan, sejak 35 tahun lalu, UD Trucks telah hadir di Indonesia melalui merek dagang Nissan Diesel. Sementara, sejak menjadi bagian dari Grup Volvo pada tahun 2007, truk yang tersedia di Indonesia adalah Quester.

Truk ini, lanjut Valery, merupakan model Heavy Duty Truck yang dirancang untuk melayani kebutuhan sektor pertambangan, konstruksi, distribusi, dan transportasi jarak jauh.

“Quester dibangun dengan fokus terhadap pasar Asia, khususnya Indonesia dengan memiliki seri truk skala berat yang lengkap dan modern yang menekan pada rancang bangun transportasi jarak jauh untuk berbagai aplikasi, termasuk pertambangan, konstruksi, dan distribusi,” papar Valery.

Sementara, Presiden Direktur Gaya Motor, Ary Mariano menambahkan, dalam memenuhi standar dan spesifikasi proses perakitan UD Trucks Quester, pihaknya telah menambah tenaga kerja, serta peralatan maupun permesinan. “Kami juga telah melakukan pelatihan baik di dalam maupun di luar negeri, kami berharap bahwa tenaga kerja terampil dapat tercipta dan dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia di Indonesia sehingga dapat menampung perakitan truk Quester ini,” ungkapnya.

ud-truck-pabrik-perakitan-baru-di-indonesia-3Pabrik perakitan ini menelan investasi sekitar US$ 3 juta dan mempekerjakan 200 karyawan. Perakitan itu diharapkan bisa merakit 200 unit truk Quester saban bulannya.

Adapun seri truk Quester yang dirakit adalah, Quester 64R 370 WB 3700, 4300. Selain itu, Quester 64R 280 WB 3700 (Mixer), 4300, 5600, 6100.

Seri yang lain adalah Quester 64T 370, Quester 64T 330, Quester 64T 280 dan Quester 42T 280. (Ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here