Home Roda Niaga Belum Dibuka, Tol Palembang-Indralaya Amblas

Belum Dibuka, Tol Palembang-Indralaya Amblas

307
0
Jalan Tol Palembang-Indralaya Amblas - fb.com/agus.santoso.71

Indralaya – Jalan tol Palembang-Indralaya (Palindra) yang berada di Kecamatan Pemulutan Ogan Ilir Sumatera Selatan, tepatnya di kilometer 1 + 350 akses Pemulutan, amblas pada hari ini.

Jalan tol yang rencananya akan dibuka utuk perlintasan arus mudik pada Senin 19 Juni 2017 besok mengalami amblas sepanjang 30 meter lantaran struktur tanah dijalan mengalami penurunan. Terlebih lagi lokasi tersebut merupakan rawa gambut. Akibatnya, jalan tok teracam tidak bisa digunakan saat arus mudik Lebaran.

Bagian jalan tol yang amblas pada jalan yang berada di STA 7 yang mengarah ke Jalan Lintas Timur Palembang-Lampung dari titik nol di Desa Pegayut Pemulutan. Panjang jalan yang mengalami amblas adalah 40 meter berada di sisi sebelah kiri jalan. Selain amblas jalan itu juga mengalami keretakan parah di beberapa bagian dan sangat bahaya bila digunakan saat arus mudik nanti jika tidak diperbaiki.

Manajer Proyek PT. Hutama Karya (HK) Divisi Jalan Tol Palindra, Hasan Turcahyo ketika dikonfirmasi menjelaskan, proses pembangunan jalan tol ini pun memang tak seluruhnya menggunakan sistem vakum dikarenakan ada beberapa pipa gas, minyak dan kabel PLN.

“Beban di atas jalan sepertinya lebih berat, sehingga ada pergeseran tanah. Memang di sini saat dibangun jalan, tidak menggunakan sistem vakum, lantaran ada pipa gas, minyak dan kabel PLN,” ujarnya Sabtu 17 Juni 2017. .

Hasan menjelaskan, mereka sendiri sudah memperkirakan jika kondisi jalan tersebut akan amblas, dikarenakan memang tidak menggunakan vakum ketika pengerjaannya.

“Kita tidak menggunakan sistem vakum karena harus menanamkan vertikal drill sedalam 16 meter sampai 18 meter. Sedangkan lokasi ada kabel maka harus menghindarinya agar tidak berbahaya, sudah diprediksi sebelumnya bakal amblas” ujarnya.

Hasan Nurcahyo menambahkan, pihaknya segera melakukan upaya perbaikan dengan membongkar aspal yang pecah lalu mengeruk jalan yang amblas, kemudian ditimbun dengan tanah baru.

“Kami berupaya dalam seminggu jalan ini dapat diperbaiki, mudah-mudahan cuaca baik sehingga kami dapat bekerja cepat,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here