Home Roda Niaga Ini Kemudahan Baru GIIAS, dari Shuttle Tracker Hingga Aplikasi Uber

Ini Kemudahan Baru GIIAS, dari Shuttle Tracker Hingga Aplikasi Uber

843
1
ilutrasi aplikasi uber- Reuters

Jakarta – Penyelenggara hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 berkomitmen untuk mempermudah calon pengunjung untuk mendatangi tempat pameran. Caranya beragam, mulai dari penggunaan shuttle tracker hingga kerjasama dengan jasa layanan transportasi online Uber.

Menurut Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi, berbagai kemudahan untuk mengunjungi pameran bukanlah cara panitia penyelenggara untuk menggaet pengunjung semata. Namun, komitmen seperti itu merupakan prosedur standar dari GIIAS yang merupakan pameran otomotif yang diakui organisasi pameran otomotif internasional (OICA).

“Jadi kalau Anda pernah mendengar atau bahkan mendatangi Geneva Motor Show, Frankfurt Auto Show, New York Auto Show, Tokyo Motor Show, nah GIIAS juga setara atau pameran yang kelasnya sama seperti itu. Standar penyelenggaraan kemudahan, informasi, fasilitas, juga seperti pameran-pameran itu,” tutur Nangoi saat ditemui di sela acara berbuka puasa bersama Gaikindo dan GIIAS di Jakarta, belum lama ini.

Bahkan, Nangoi menegaskan tahun ini merupakan tahun keenam bagi pameran Gaikindo dalam mendapatkan endorsement dari OICA. Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya bertekad untuk menjadikan hajatan yang bakal digelar 11-21 Agustus 2016 itu sebagai pameran yang mengukuhkan nama Indonesia di panggung otomotif dunia.

“Salah satu caranya ya dengan terus meningkatkan kemudahan menuju pameran, melengkapi fasilitas kenyamanan mulai dari area istirahat, hiburan, makan, bahkan hingga sarana toilet sekali pun,” tuturnya.

Melengkapi pernyataan Nangoi, Head of Public Relation Seven Events, Diah Putri, mengatakan untuk kemudahan menuju tempat pameran, panitia penyelenggara menyediakan shuttle bus gratis di berbagai titik-titik strategis yang berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya. “Ini seperti tahun sebelumnya. Namun, kini ditingkatkan lagi dengan melengkapinya shuttle tracker atau GIIAS Shuttle Tracker,” ujarnya.

Press Conference Gaikindo tentang kesiapan pelaksanaan GIIAS 2016 - indonesiautoshow
Press Conference Gaikindo tentang kesiapan pelaksanaan GIIAS 2016 – indonesiautoshow

Dengan Shuttle Tracker tersebut calon pengunjung yang memanfaatkan shuttle bus bisa dengan mudah mengetahui dimana posisi keberadaan bus yang ditunggu dan jam berapa, bahkan apakah kapasitasnya masih kosong atau penuh. Sehingga, mereka akan dengan nyaman karena mendapatkan kepastian.

“Ini juga atas saran masukan masyarakat, serta kajian kami dari penyelenggaraan tahun sebelumnya. Pokoknya kami terus meningkatkan layanan,” ucap Putri.

Selain itu, penyelenggara juga menyediakan angkutan gratis GIIAS di stasiun Rawa Buntu yang merupakan stasiun terdekat dengan lokasi penyelenggaraan GIIAS yakni Indonesia Convention Center (ICE) di kawasan BSD City,Tangerang, Banten. Sebab, pengalaman tahun lalu banyak pengunjung yang memanfaatkan transportasi kereta api dan turun di stasiun tersebut.

“Karena lokasi stasiun ini berjarak 6,5 kilometer dari ICE,” kata Putri.

Fasilitas lainnya adalah kemudahan menggunakan jasa angkutan travel Day Trans bagi calon pengunjung dari Bandung dan Bogor ke ICE. Bahkan, panitia juga bekerjasama dengan penyedia layanan transportasi taksi berbasis aplikasi Uber, yakni program promo melalui aplikasi milik Uber.

GIIAS 2016 diikuti 26 merek mobil penumpang seperti Audi, BMW, Chevrolet, Datsun, Daihatsu, Dodge, Fiat, Honda, Hyundai, Isuzu, Jaguar, Jeep, KIA, Land Rover, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi, Nissan, Renault, Suzuki, Tata Motors, Toyota, VW, serta merek baru asal China Wuling.

Sementara merek kendaraan komersial yang berpartisipasi ada enam. Mereka adalah, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi, Fuso, serta Tata Motors. (Ara)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here