Home Roda Niaga Truk Listrik Scania di Depan Mata

Truk Listrik Scania di Depan Mata

950
1

Gävle – Kendaraan listrik menjadi salah satu solusi hijau. Di Swedia, tepatnya di jalan bebas hambatan E16 di luar Gävle sepanjang 2 kilometer, selama dua tahun truk listrik Scania diuji dan kini memasuki tahap akhir persiapan aplikasi.

Lokasi tersebut sengaja dipilih karena menjadi salah satu jalur tersibuk yang dilewati oleh truk-truk.

Dalam proyek ini setiap truk listrik Scania menerima daya listrik melalui kolektor daya pantograph yang terpasang di rangka belakang kabin. Pantographs terhubung ke saluran listrik yang terletak di sisi kanan atas jalan. Untuk menambah fleksibilitas, truk-truk uji dilengkapi dengan powertrains hybrid dari Scania.

Dengan sistem cerdas ini memungkinan setiap truk bergerak dengan memanfaatkan daya listrik dari kawat-kawat listrik atau dari mesin hybrid-nya. Ketika truk menyalip maka tidak lagi ditenagai oleh listrik tapi oleh mesin hybrid.

“Ketika menyalip, pantograph terputus dan Anda mengemudikan truk sebagai hybrid biasa,” kata Christer Thoren dari unit Pengembangan Sistem Hybrid Scania.

“Setelah Anda menyalip kendaraan, lalu kembali ke jalur Anda, secara otomatis menyambung kembali ke pantograph, dan melanjutkan menggunakan energi listrik.”

Teknologi ini dikenal dengan nama transmisi listrik konduktif yang dikembangkan oleh Siemens sejak tahun 2013 di fasilitas truk listrik Scania di Berlin.

Scania menyatakan bahwa truk-truk listrik dapat mengurangi 80-90% emisi gas buang dan menghemat lebih dari 50% bahan bakar minyak (BBM).

“Pertama kali saya mengendarai truk listrik saya tidak merasa banyak perbedaan. Tapi dalam mode listrik mengendarai truk listrik akan terasa benar-benar tenang di dalam kabin, itu luar biasa,” kata Thérèse Persson, salah satu pengemudi Ernsts Express.

Sementara CEO Ernst Express, Roger Blom, menambahkan, “Bagi kami di Ernsts Express, ini adalah proyek fantastis untuk menjadi bagian dari menjalankan truk tanpa emisi gas rumah kaca. Sejauh ini teknologi bekerja dengan sangat baik. Sungguh menakjubkan untuk meluncur bersama di truk ini dalam keheningan.”

“Jika semuanya berjalan sesuai rencana maka kita akan segera melihat lebih banyak jalur-jalur untuk truk tenaga listrik, terutama di jalan bebas hambatan. Di Jerman, ketertarikan memanfaatkan teknologi ini di autobahn (jalan bebas hambatan) sangat tinggi. Jika diterapkan akan banyak mengurangi emisi,” imbuh Thoren. [Itn]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here