Home Roda Niaga Pabrik Mobil Sokon Diresmikan Menteri Perindustrian RI

Pabrik Mobil Sokon Diresmikan Menteri Perindustrian RI

444
0
Pabrik Mobil PT Sokonindo Automobile diresmikan Menteri Perindustrian RI

Serang – Setelah Wuling Motors membuka pabriknya di Tanah Air, kini giliran Sokonindo Automobile ikut membuka pabrik mobil produksinya di Indonesia.

Pabrik baru PT Sokonindo Automobile ini terletak di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten. Pabrik seluas 20 hektar ini diresmikan oleh Menteri Airlangga Hartarto pada hari Selasa (28/11).

Menurut Alexander Barus Co-CEO Sokonindo Automobile pembangunan pabrik mobil ini sudah dimulai dari 2015. Nilai investasinya mencapai USD 150 juta.

“Rencananya investasi kami ini masih akan terus bertambah hingga USD 300 juta. Terutama jika nanti kami membuka fasilitas perakitan mesin,” ujar Alexander saat peresmian pabrik Sokonindo di Cikande, Serang (28/11).

Pabrik ini merupakan usaha gabungan antara Sokon Group Limited Hongkong dengan Kaisar Motorindo Industri. Kapasitas produksinya bisa mencapai 50 ribu unit per tahun.

Sokonindo Automobile ini sudah menerapkan Industry 4.0 ke dalam pabrik mobil baru mereka ini. Di mana banyak menggunakan peralatan canggih termasuk robotik.

Menurut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto tidak benar jika smart factory atau Industry 4.0 akan mengurangi jumlah tenaga kerja. “Buktinya pabrik Sokon ini tetap mempekerjakan tenaga kerja Indonesia,” tambahnya. Saat ini Sokonindo Automobile memiliki 376 karyawan Indonesia. Dan 39 karyawan asing yang berasal dari Tiongkok.

“Tahap awal memang masih 1 shift. Kita berharap di awal 2019 bisa tiga shift. Dengan begitu total karyawannya akan mencapai dua ribu,” ungkap Alexander. Pabrikan China ini menargetkan jika nantinya komposisi karyawan mereka bisa mencapai 95 persen tenaga kerja dari Indonesia. (Danang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here