Home Kendaraan Niaga Ini Dia Mobil Yang Diproduksi Pabrik Sokonindo Di Cikande

Ini Dia Mobil Yang Diproduksi Pabrik Sokonindo Di Cikande

2440
0

Serang – Pabrikan mobil asal China, Sokonindo Automobile sudah meresmikan pabrik mobil Sokonindo di Cikande, Serang, Banten (28/11). Lalu apa saja produk mobil yang diproduksi di pabrik ini? Sokonindo sudah memperkenalkan kendaraan komersial yaitu pick up SuperCab sejak pertengahan tahun 2017.

Dan di ajang GIIAS kemarin, Sokonindo juga sudah menghadirkan SUV mereka, Glory 580. Meskipun saat GIIAS, Glory 580 ini masih berstatus prototipe karena masih setir kiri.

Keduanya kini sudah diproduksi di pabrik baru ini. Dan Glory 580 ini menjadi SUV setir kanan berkapasitas 7 penumpang yang pertama diproduksi di Indonesia oleh Sokon.

Sementara untuk jaringan penjualan dan servis, menurut Marketing Director PT Sokonindo Automobile, Franz Wang, di Indonesia Sokon sudah memiliki 30 bengkel resmi.

“Tapi jika konsumen mau datang ke pabrik untuk servis, kami juga siap untuk support. Rencana tahun depan kami akan menambah jaringan diler menjadi 50. Dan target ke depannya akan sampai 150 diler di seluruh Indonesia,” ungkap Wang.

Pabrik Sokonindo ini sendiri sudah selesai pembangunannya pada Mei 2017. Dan dilengkapi dengan peralatan berteknologi canggih, termasuk teknologi robotik.

Proses produksi kendaraan di pabrik ini meliputi stamping, welding, painting, assembling, dan quality control. Selain memproduksi SUV dan kendaraan niaga ringan, nantinya pabrik ini juga akan mampu memproduksi MPV.

Sekitar 90 persen tenaga kerja yang ada di pabrik ini merupakan karyawan Indonesia. Jumlah tenaga kerja yang diserap oleh pabrik ini mencapai dua ribu.

“Angka ini belum termasuk 4 ribu sampai 5 ribu tenaga kerja dari jalur distribusi dan juga para pemasok komponen,” ujar Alexander Barus Co-CEO PT Sokonindo Automobile.

Alexander juga menambahkan nantinya mereka akan mengusahakan konten lokal bisa sampai 80%. “Nanti tinggal hanya mesin saja yang masih impor, selebihnya sudah kerjasama dengan mitra lokal kami.”

Nantinya mobil hasil produksi di Pabrik Sokonindo ini tidak hanya dijual di dalam negeri saja. Tapi juga akan diekspor ke kawasan Asia Tenggara dan pasar mancanegara lainnya. (Danang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here