Home Kendaraan Niaga Bus GIIAS 2018: Bus Hino RN 285 Suguhkan Solusi Bisnis Masa Depan

GIIAS 2018: Bus Hino RN 285 Suguhkan Solusi Bisnis Masa Depan

1857
0
Bus Hino Harapan Jaya
Bus Hino RN 285 PO Harapan Jaya tampil mewah dengan balutan karoseri Tentrem

Jakarta, OTONIAGA.com – Pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, pabrikan truk dan bus asal Jepang, Hino menampilkan Bus Hino RN 285 milik PO Harapan Jaya yang digadang-gadang meyuguhkan solusi bisnis transportasi di masa depan.

Bus mewah PO Harapan Jaya yang tampil di Hall 3 ini membawa body hasil karya karoseri Tentrem model Avante HDD dengan kapasitas 59 penumpang yang dipersiapkan untuk melayani perjalanan antara kota dalam propinsi (AKAP). Sementara sasis Hino RN 285 bertransmisi otomatis meluncur di tahun lalu ini hadir dengan mesin yang terletak di belakang dan diharapkan mampu menjadi solusi kebutuhan transportasi masal masa datang di Indonesia.

Hadir sebagai bus bertransmisi otomatis, Hino RN 285 mempermudah bagi pengemudi dalam mengendarai dan mengoperasikannya. Tidak hanya itu, penggunaan transmisi otomatis ini juga akan mengurangi kelelahan yang dirasakan oleh pengemudi ketika berkendara terutama pada saat kondisi terjebak macet.

Bus Hino RN 285 dengan body Avante HDD untuk PO Harapan Jaya memiliki dimensi panjang 12 meter dengan sumbu roda 6.000 mm dan GVWR hingga 16.000 kg dilengkapi berbagai fasilitas dan fitur, diantaranya AC, LED TV, Wifi, Toilet, Entertainment Equipment, Smoking Area, dan Jok yang nyaman. Pembuatan body Avante HDD untuk PO Harapan Jaya ini dikatakan dibanderol dengan harga Rp 435 juta.

Dilihat dari sisi spesifikasi, Hino RN 285 Automatic Transmission hadir dengan mesin baru J08E-WG dengan common rail sistem berkapasitas 7.684 cc enam silinder diameter112 mm, langkah piston 130 mm yang dipadukan dengan transmisi Allison T325R dengan gigi overdrive yang dikatakan mampu memaksimalkan performa dan bahan bakar yang efisien. Mesin mampu menghasilkan tenaga tenaga 285 PS pada putaran mesin 2.500 rpm dan torsi maksimum 91 kgm pada putaran mesin 1.500 rpm yang disalurkan ke roda depan. Mesin juga sudah berstandar emisi EURO 3.

Dalam menunjang pengoperasian bus yang mampu mengangkut 59 penumpang itu, RN 285 AT memiliki Auto Brake Adjuster yang dikatakan membuat pengereman lebih optimal dengan menyesuaikan celah antara kanvas rem dan drumnya secara otomatis. Penggunaan sistem pengereman tersebut membuat pemilik lebih mudah dalam perawatan dan tidak perlu menyesuaikan kanvas rem secara manual.

Penggunaan sistem pengereman tersebut membuat pemilik lebih mudah dalam perawatan dan tidak perlu menyesuaikan kanvas rem secara manual. Tersedia pula sistem pengereman Full air brake dan Anti lock braking system (ABS) yang membuat bus makin aman dikendarai dengan sistem pengereman yang lebih responsif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here