Home Kendaraan Niaga Bus Bus Tanpa Sopir IBM Ini Bisa Berkomunikasi dengan Penumpang

Bus Tanpa Sopir IBM Ini Bisa Berkomunikasi dengan Penumpang

441
1

Washington – Sebuah pabrikan otomotif lokal di Amerika Serikat – Local Motors – bekerjasama perusahaan internet IBM Watson Internet of Things (IoT) membuat konsep bus yang bisa melaju tanpa sopir. Menariknya, bus yang dinamai Olli itu bisa diajak berkomunikasi.

Pernyataan Local Motors dan IBM yang dikutip sejumlah media menyebut, baru-baru ini pihkanya telah mendemonstrasikan kebolehan bus konsep itu di jalanan sekitar Washington D.C.

Bahkan akhir tahun ini, dua perusahaan itu menargetkan telah memiliki armada bus otonom atau tanpa sopir untuk melayani permintaan shuttle di Maryland, yakni di samping National Harbor Shopping Center sepanjang sungai Potomac.

Mengutip pernyataan itu, laman Motor Authority menyebut, rencana serupa juga akan dijalankan di Miami, Las Vegas. Bahkan, ke depannya layanan akan diperluas ke berbagai wilayah.

Keunggulan bus ini selain mampu melaju tanpa pengendalian seorang sopir alias otonom, juga kemampuannya untuk berkomunikasi dengan penumpang. Penumpang bus yang berkapasitas12 orang itu, bisa memerintahkan bus untuk menuju ke tempat yang diminta.

Caranya cukup menyebut tempat tujuan itu dan prosesor berteknologi tinggi pada sistem komputer bus itu akan merekam dan memerintahkan bus berjalan ke tempat yang dimaksud penumpang. Hanya memang, trayek yang dilalui bus ini telah ditentukan ke titik-titik tertentu.

Baik Local Motors maupun IBM mengatakan, saat ini – pada tahap pengujian – bus itu diuji di wilayah terbatas. Namun pada tahap selanjutnya pengujian akan dilakukan di wilayah yang lebih luas, sehingga bus mampu melayani trayek yang lebih jauh dan beragam.

IBM Watson Internet of Things menyatakan, bus ini merupakan kendaraan pertama yang memanfaatkan kekuatan sistem komputer berbasis cloud dengan Intellgence buatan. (Wel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here