Home Roda Niaga Tol Baru di Sumatera Selatan Ditargetkan Mulai Beroperasi 2023

Tol Baru di Sumatera Selatan Ditargetkan Mulai Beroperasi 2023

481
0

OTONIAGA.com – Perkembangan jalan tol di Indonesia tidak hanya berlangsung di pulau Jawa saja, namun juga di berbagai daerah lainnya. Salah satunya adalah di Sumatera Selatan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai melakukan pembangunan ruas Tol Muara Enim-Simpang Indralaya dan ruas Tol Muara Enim-Lubuklinggau sepanjang 233,5 km. Sebelumnya juga telah dimulai pembangunan ruas tol Bengkulu-Lubuklinggau pada bulan Maret yang lalu.

Pembangunan tol dikatakan menelan nilai investasi sebesar Rp 47,89 triliun dengan waktu pembangunan selesai pada Desember 2022 dan rencananya mulai beroperasi pada awal tahun 2023.

“Pembangunan jalan tol dengan nilai investasi sebesar Rp 47,89 triliun ini nantinya dapat diselesaikan masa konstruksinya pada bulan Desember 2022, dan ditargetkan mulai dioperasikan pada awal tahun 2023,” ucap Danang Parikesit, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Tol Muara Enim-Simpang Indralaya dan Tol Muara Enim-Lubuklinggau terbagi menjadi dua seksi, yaitu Seksi I ruas Muara Enim-Lubuklinggau sepanjang 114,5 km yang memiliki tiga simpang susun (SS), yakni SS Lahat/Merapi, SS Musi Rawas, dan SS Lubuklinggau. Kemudian Seksi II ruas Muara Enim-Simpang Indralaya sepanjang 119 km terdapat tiga SS, yaitu SS Sp. Indralaya, SS Prabumulih, dan SS Muara Enim.