Home Kendaraan Niaga Bus Ini Bus Tanpa Sopir Pertama Buatan Pabrikan Jepang

Ini Bus Tanpa Sopir Pertama Buatan Pabrikan Jepang

544
1
bus EZ10 Robot Shuttle-The Verge

Chiba – Perusahaan tekonologi asal Jepang yang juga dikenal sebagai pembuat game smartphone Nintendo – DeNA Company – mengembangkan bus berteknologi otonom alias bisa melaju tanpa sopir. Rencananya, bus berkasapitas 12 penumpang itu akan diuji coba di seputar mall tersebesar di Chiba, bulan depan.

Laporan yang dilansir The Verge dan Reuters menyebut, bus yang dinalai Robot Shuttle itu menggunakan basis minibus EZ10. DeNA menggandeng perusahaan asal Prancis, Easy Mile, untuk membangun bus tersebut.

Bus yang diklaim mampu melaju hingga 40 kilometer per jam itu dirancang memiliki tingkat keamanan dan keselamatan yang tinggi. “Kami memperhatikan aspek keamanan yang sangat serius. Karena kami khawatir ada kemungkinan kecelakaan serius di sana, maka kami memberikan perhatian serius secara ketat di aspek keamanan itu,” papar Hiroshi Nakajima, General Manager bisnis otomotif DeNA.

Bagian kabin bus otonom DeNa- The Verge
Bagian kabin bus otonom DeNa- The Verge

Hanya, secara sekilas terlihat, bus itu tidak dilengkapi fitur untuk melakukan maneuver zig-zag atau menghindari benda lain yang ada kemungkinan tertabrak. Atau, barangkali DeNA masih berusaha mengembangkan fitur-fitur yang berkaitan dengan aksi maneuver bus.

Ihwal pengujian yang dilakukan di kawasanpusat perbelanjaan di Chiba, Nakajima berdalih karena peraturan di Jepang tidak mengizinkan tes kendaraan tanpa sopir di jalan umum. Kendati begitu, dia berjanjaji akan melakukan tes hingga jarak terjauh di kawasan itu jika memungkinan. (Ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here