Home Roda Niaga Produk Tata Motors di GIIAS 2016, Solusi Nyata Bagi Pebisnis

Produk Tata Motors di GIIAS 2016, Solusi Nyata Bagi Pebisnis

555
0

Tangerang – PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) memboyong sejumlah varian kendaraan komersial ke gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang berlangsung di ICE BSD Serpong, Tangerang, 11- 21 Agustus. Semua model yang ditawarkan itu diklaim sebagai sarana angkutan bisnis yang menawarkan jawaban bagi kebutuhan dan tujuan bisnis.

“Kalau kita lihat karakter, performa, serta aspek fungsionalnya, bisa dibuktikan bahwa model-model Tata Motors yang kita tawarkan di sini (GIIAS) adalah solusi bagi pebisnis. Bukan saja di saat ekonomi sulit saat ini, tetapi juga dalam kondisi normal dimana persiangan bisnis yang semakin sengit. Sebab, selain berfungsi secara maksimal, ongkos perawatan dan operasionalnya lebih murah,” papar Public Relation Manager PT TMDI, Kiki Fajar, saat ditemui di booth Tata Motors GIIAS 2016.

Menurutnya, hasil pengujian berkali-kali yang dilakukan pihaknya di berbagai karakter jalanan dan di berbagai wilayah penggunaan. Rata-rata penghematan ongkos perawatan bisa mencapai 10-20%. Seedangkan ongkos operasional kendaraan lebih rendah 15% dibanding kendaraan sejenis dari merek lain.

“Artinya. Sebagai kendaraan operasional atau kendaraan produksi, model-model yang ditawarkan oleh Tata Motors itu memberikan jawaban dan sesuai dengan tujuan para pebisnis, yakni melipatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Ongkos produksi atau operasional kecil, tapi margin keuntungan bertambah besar,” kata dia.

Sejumlah pengunjung yang ditemui Otoniaga di booth Tata Motors tak menampik klaim seperti itu. Andre Pesaik, seorang pengusaha asal Makassar, Sulawesi Selatan, misalnya.

Dia mengakui salah satu keunggulan kendaraan buatan Tata Motors adalah endurance, durability, serta fungsionalnya yang tinggi. “Ketangguhan, performa, serta kapasitas angkutnya yang besar ini cocok bagi kami selaku orang yang berbisnis. Saya sudah mengenal brand Tata Motors pada tahun 20014 karena dikenalkan ayah saya,” ujarnya.

Andre merupakan orang pertama yang membeli pickup double cabin Tata Xenon D-Cab 4×4, pada hari pertama kendaraan itu diluncurkan pada Kamis (11/8) lalu. “Saya membeli tiga unit untuk kendaraan operasional karyawan kami yang bertugas untuk perawatan jaringan bagi klien kami (PT PLN Sulawesi Selatan), karena harus menempuh wilayah yang sulit (jalan offroad dan semi off road),” kata dia.

Pengunjung lain, Hanung, 34 tahun, asal Lampung mengaku tertarik dengan Tata Ace EX2 yang telah dimodifikasi menjadi food truck atau mobil toko. Pria yang berniat membuka warung nasi Padang mobile itu, tertarik karena mobil itu dibekali mesin diesel 700 cc dua silinder.

Selain irit dia menilai ongkos perawatannya bakal murah. “Saya sudah mengenal brand Tata Motors cukup lama. Apalagi ini katanya harganya hanya Rp 121 juta,” ucapnya ke[ada Otoniaga.

Beberapa model Tata Motors yang dipajang di GIIAS 2016 adalah :

Kendaraan Aplikasi

Kendaraan ini adalah kendaraan modifikasi yang menggunakan basis kendaraan komersial biasa seperti pickup atau truk. Wujudnya Selain mobil box untuk chiller atau kendaraan berpendingin khusus mengangkut makanan atau bahan pangan yakni Tata Super Ace Box, juga mobil toko atau food truck berbasis Tata Ace EX2.

Tata Super Ace DLS

Mobil untuk angkutan travel ini mengusung mesin diesel 1400 cc yang dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan. Tenaga yang disemburkan mesin mencapai 70 hp dan torsi 135 Nmberbekal tenaga sebesar itu, mobil ini mampu melesat hingga 125 kilometer per jam.

Mobil itu berbasis pickup Tata Super Ace. Kendaraan komersial itu merupakan satu-satunya pickup bermesin diesel di kelasnya.

Tata PRIMA 4023.S

Tata Prima 4023.S merupakan tractor head yang mengusung Cummins ISBe 6.700 cc. Untuk penyaluran semburan tenaga ke rodanya, Tata memelengkapinya transmisi gearbox TATA G 1150 OD, 9 tingkat percepatan yang dibaut secara khusus bersama pabrikan asal Amerika dan Jerman.

Tata ULTRA 1012

Tata Ultra 1012 mengusung mesin diesel Tata 497 TCIC yang mampu menyemburkan tenaga hingga 125hp. Beratnya 10.000 kg. Kendaraan ini menggunakan rem angin (full air) yang memiliki tingkat keamanan lebih tinggi. Keunggulan lain yang ditawarkan adalah panjang bak muatan yang yang panjang yaitu 6 meter serta lebar 2,2 meter atau paling panjang di kelasnya.

Tata Ace EX2

Kendaraan ini menggunakan platform Tata Ace, Tata Ace EX2 ditujukan bagi pengusaha di pedesaaan atau para petani di pedesaan, sebagai angkutan lingkungan, dan kendaraan untuk usaha kecil. Menariknya, kendaraan itu dibekali mesin diesel kecil yakni 702 cc dengan transmisi manual 5 tingkat percepatan.

Xenon XT D-Cab 4×4

Pickup inoi dibekali Mesin diesel Tata 2.2L DICOR Euro II yang dikombinasikan dengan transmisi manual 5-percepatan dan fiturelectric shift arrangement transmission.Mesin ini mampu menyemburkan tenaga 148 PS pada 4000 rpm dan torsi 320Nm di putaran mesin 1700-2700 rpm.

Berbekal tenaga dan torsi sebesar itu, pickup ini mampu dipacu hingga 160 km/jam dengan efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya.

Keunggulan lain yang ditawarkan adalah, teknologi gearbox GBS-76-5/4.1 dengan over drive dari Xenon D-Cab. Teknologi itu bermanfaat memberikan kemudahan dalam perpindahan gigi. Walhasil, operasi transmisi manual terasa nyaman dan grade ability yang mencapai 90%. Tata juga melengkapinya dengan dual airbags, ABS, side impact beams danreinforce 3 layer body construction. (Ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here