Kendaraan Hidrogen Pertama Dunia Dikenalkan 5 Dekade Silam

    231
    0

    Detroit – Lima puluh tahun silam ketika film Batman dan Star Trek muncul pertama kali di televisi, General Motors (GM) mulai menguji Electrovan, kendaraan hidrogen pertama dunia.

    Floyd Wyczalek, manajer proyek Electrovan, menceritakan bahwa 200 orang bekerja untuk menjawab tantangan President John F Kennedy pada tahun 1962 kepada NASA untuk mendarat di bulan dengan selamat sebelum akhir dekade.

    “Kami punya 3 shift kerja, di mana dimulai pada Januari 1966 dan berakhir 10 bulan kemudian. Kami berhasil menggerakkan 1 mobil demo di depan para jurnalis,” kata pria berusia 91 tahun ini.

    Untuk mengetahui daya tahan sel bahan bakar, General Motors mengujinya selama beberapa bulan dalam sebuah pengujian sel. Sementara pengujian akselerasi dan top speed dilakukan via chassis dynamometer.

    electrovan kendaraan hidrogen pertama dunia

    Dengan berakhirnya proyek, General Motors menyimpan Electrovan di dalam sebuah gudang Pontiac selama 31 tahun. Kendaraan ini ditemukan lagi pada tahun 2001 dan kini tinggal di GM Heritage Center di Michigan.

    kendaraan-hidrogen-pertama-dunia

    General Motors sendiri telah menginvestasi US$ 2,5 triliun dalam pengembangan teknologi fuel cell dan menjadi pemimpin paten bersama Honda sebagai mitra sejak tahun 2013. Kedua institusi berkolaborasi untuk menciptakan sistem sel bahan bakar yang jauh lebih bertenaga namun berdimensi lebih kecil dibandingkan Elctrovan (hanya bisa menampung untuk seorang pengemudi dan 2 penumpang).

    Chevrolet Colorado ZH2 merupakan pengembangan terakhir kendaraan hidrogen General Motors yang bermitra dengan US Army. Kendaraan ini akan diuji secara ekstrim pada tahun 2017. [Itn]

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here