Ini Solusi Kehidupan Lebih Baik di Perkotaan

    69
    0

    Göteborg — Volvo Trucks akan mulai menjual truk-truk listrik pada 2019. Namun, sebelum dijual secara resmi truk-truk listrik pertama Volvo Trucks akan dioperasikan oleh sejumlah pelanggan terpilih pada tahun ini.

    Penggunaan truk listrik tidak saja mengurangi emisi gas buang dan kebisingan tetapi juga membuka cara baru mengatur logistik yaitu pengoperasian truk listrik di malam hari sehingga lebih sedikit truk bersaing di jalan raya di jam-jam sibuk.

    “Dengan menggunakan truk bertenaga listrik dan lebih hening untuk transportasi barang-barang di daerah perkotaan, kami menghadapi beberapa tantangan secara bersamaan. Tanpa mengganggu kebisingan dan gas buang, akan memungkinkan truk-truk beroperasi di pusat-pusat kota yang lebih sensitif. Transportasi juga dapat berlangsung sepanjang periode dengan tingkat kesibukan lebih rendah, misalnya di akhir sore dan malam, ini akan mengurangi beban jalan selama lalu lintas jam sibuk, memungkinkan jaringan jalan dan kendaraan dapat dimanfaatkan jauh lebih efektif daripada saat ini,” kata Claes Nilsson, President Volvo Trucks.

    Sebuah proyek, Off Peak City Distribution, yang dilakukan oleh Stockholm City, Swedia dan KTH Royal Institute of Technology, telah mempelajari efek tugas transportasi di malam hari di kota Stockholm. Sejak truk-truk beroperasi di luar jam-jam sibuk maka pekerjaan dilakukan lebih cepat 1/3 dari waktu normal.

    Peningkatan kualitas kehidupan di tengah kota juga bisa dilakukan dengan solusi transportasi lebih berkelanjutan. Dengan logistik yang dikembang dengan baik dan pemanfaatan jalan lebih efektif di malam hari, memungkinkan kendaraan-kendaraan kecil (smaller vehicles) diganti dengan kendaraan lebih sedikit namun lebih besar (larger vehicles), sehingga memberikan kontribusi lebih lanjut untuk menurunkan emisi dan mengurangi lalu lintas. Sebuah truk distribusi memiliki kapasitas muat lebih besar 10 kali lipat dari van biasa. Jika proporsi tugas transportasi yang lebih besar dapat dilakukan pada jam-jam ketika lebih sedikit orang yang berada di jalan, ini juga akan mengurangi risiko kecelakaan secara signifikan. [Itn]

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here