Home Roda Niaga Dukung Keselamatan Bus, Hino Service Point Berdiri di Terminal Tirtonadi

Dukung Keselamatan Bus, Hino Service Point Berdiri di Terminal Tirtonadi

287
0

SURAKARTA — PT Hino Motors Sales Indonesia memudahkan para sopir bus yang masuk ke terminal Tirtonadi dengan Hino Service Point.

Hino Service Point merupakan fasilitas bangunan bengkel di terminal Tirtonadi sebagai bentuk sinergi antara Kementerian Perhubungan dan Hino untuk meningkatkan keselamatan bagi pengendara dan penumpang angkutan bus.

Dengan fasilitas ini para sopir dan pengusaha dipermudah dalam perawatan berkala kendaraan untuk mencegah kerusakan kendaraan saat di jalan dan meminimalkan kecelakaan. Di sini tersedia pula ramp check armada atau uji kelaikan kendaraan.

Ramp check fokus pada tiga unsur penting, yaitu administrasi, teknis, dan penunjang. Unsur administrasi meliputi SIM umum, STNK, surat tanda uji kelayakan (STUK), dan kartu pengawasan. Kemudian unsur teknis mencakup sistem penerangan, sistem pengereman, serta kelaikan ban depan dan ban belakang kendaraan. Untuk unsur penunjang, yang akan diperiksa adalah pengukur kecepatan (spidometer), sabuk keselamatan pengemudi, kaca depan dan penghapus kaca depan (wiper), juga kaca spion dan klakson.

Apabila ditemukan pelanggaran administrasi dan teknis, sanksi berupa tindakan tilang dan dilarang beroperasi sudah menanti para pelanggar. Sedangkan jika ditemukan pelanggaran pada unsur penunjang, akan diberikan catatan untuk segera melengkapi dan memenuhi persyaratan setelah itu bus tersebut baru dapat beroperasi kembali.

“Service point ini bentuk pelayanan dan tanggung jawab kami kepada para Perusahaan Otobus sebagai customer setia kami. Melalui Hino Service Point, kami jemput bola di terminal-terminal untuk membantu perawatan dan perbaikan ringan agar bus terus aman dikendarai dan keselamatan penumpang dapat terus terjaga,” kata Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, Santiko Wardoyo.

Dalam pelaksanaannya, Hino Service Point di terminal Tirtonadi dioperasikan oleh dealer PT Duta Cemerlang Motors (DCM). [Itn]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here