Home Roda Niaga Foton dan Piaggio Bekerjasama Kembangkan Kendaraan Komersial Ringan

Foton dan Piaggio Bekerjasama Kembangkan Kendaraan Komersial Ringan

338
0

Pontedera, Otoniaga.com – Foton Motor dan Piaggio Group meresmikan kerja sama dalam pengembangan kendaraan komersial berbobot ringan di Italia. Perjanjian kerja sama diteken oleh Vice President Foton Motor Group merangkap CEO, Foton International, Chang Rui, dan Chairman & CEO, Piaggio & C. S.p.A. (PIA.MI), Roberto Colaninno pada 15 Mei 2018.

Sebelumnya, sejak 2016 Foton Motor dan Piaggio Group telah meneken Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerangka Kerja secara berturut-turut. Tahap akhir dari peresmian kerja sama ini melambangkan langkah kedua pihak yang telah menuntaskan kajian kelayakan proyek dan secara resmi memasuki tahap pelaksanaan kerja sama untuk mengembangkan produk baru. Pasar Eropa merupakan sektor penting dalam rancangan global Foton Motor. Proyek pengembangan produk baru bersama Piaggio Group kali ini tak hanya menjadi solusi strategis bagi diversifikasi global yang dijalankan Foton, namun juga membuktikan keputusan Foton bagi perluasan usaha di Eropa.

Piaggio Group ialah produsen sepeda motor yang terbesar di Eropa, dengan volume produksi dan penjualan yang berada pada peringkat pertama di Eropa, serta berkembang pesat dalam sektor kendaraan beroda tiga dan empat yang berbobot ringan. Pada 2017, volume penjualan kendaraan komersialnya di dunia mencapai 176.800 unit.

Sebagai produsen kendaraan komersial yang pertama di Tiongkok, Foton Motor menjalankan kegiatan operasional untuk seluruh jenis kendaraan komersial, termasuk truk berbobot menengah dan berat, truk berbobot ringan, VAN, kendaraan bak terbuka dan bus. Foton Motor telah membentuk sejumlah usaha patungan dengan produsen terkemuka dunia, termasuk Daimler, Cummins dan ZF, serta memiliki lebih dari 1.000 jaringan penjualan dan pelayanan, tersebar di 110 negara dan wilayah di seluruh dunia. Selalu memimpin tren industri kendaraan komersial buatan Tiongkok di dunia, Foton Motor saat ini memadukan teknologi informasi dan manufaktur serta ingin mewujudkan berbagai produk mutakhir (intelligent products), pabrik mutakhir (intelligent plants) dan manajemen mutakhir (intelligent management).

Kerja sama antara Foton dan Piaggio Group untuk kendaraan komersial kali ini menjadi tonggak penting bagi ekspansi kedua pihak di pasar otomotif Eropa. Dengan memanfaatkan peluang tersebut, Piaggio Group akan mewujudkan peningkatan mutu produk kendaraan komersial di pasar Eropa. Pada saat bersamaan, Piaggio Group juga bermain peran aktif dalam perluasan pasar dan konsolidasi posisi pasar. Berbagai produk kendaraan komersial beroda empat dan berbobot ringan untuk pasar Eropa didasarkan pada platform produk mini-truck dari Foton Motor, mewarisi berbagai keunggulan mini-truck Foton Motor dalam hal kualitas produk, kenyamanan berkendara dan penghematan bahan bakar, serta menggabungkan berbagai teknologi termutahir di dunia untuk meluncurkan solusi transportasi logistik dan penumpang yang sepenuhnya baru. Selain itu, Foton Motor juga ingin menuntaskan sektor logistik perkotaan “Last Mile” yang terbaru. Pada masa depan, kedua pihak akan, ketika tiba waktunya, mengembangkan sejumlah kendaraan listrik dengan sistem interkonektivitas yang mutakhir, dan secara cermat, merambah pasar Timur Tengah, Asia Tenggara, Amerika Tengah dan Selatan dan Afrika.

Kerja sama Sino-Eropa ini membuktikan kiprah Foton Motor yang tak hanya memiliki sistem produksi yang ramping serta terkemuka di dunia, namun juga memiliki lini produk yang banyak serta keahlian pengembangan produk bertaraf dunia. Kerja sama ini menjadi langkah kecil yang menjadi awal bagi Foton Motor untuk terus memajukan strategi global di Eropa, namun juga merupakan lompatan besar dalam hak kekayaan intelektual yang besar, sesuai dengan “Made-in-China 2025”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here