Truk Listrik Otonom, Solusi Logistik di Masa Depan

    62
    0

    GOTHENBURG — Volvo Trucks memamerkan solusi transportasi di masa depan dengan kendaraan listrik otonom. Dengan solusi ini Volvo Trucks berkontribusi pada transportasi lebih efisien, lebih aman, dan lebih bersih.

    Pengembangan kendaraan listrik otonom Volvo Trucks ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan jumlah penduduk dunia dan urbanisasi. Itu semua menyebabkan kemacetan, kebisingan dan polusi.

    Di sisi lain peningkatan konsumsi, pertumbuhan e-commerce yang cepat dan kekurangan pengemudi truk di berbagai kawasan menuntut lahirnya solusi transportasi efisien.

    “Potensi penuh dari industri transportasi belum terlihat. Semuanya menunjukkan bahwa kebutuhan global untuk transportasi akan terus meningkat secara signifikan dalam dekade mendatang. Jika kita ingin memenuhi permintaan ini dengan cara yang berkelanjutan dan efisien, kita harus menemukan solusi-solusi baru. Untuk mengamankan sistem arus barang berfungsi dengan baik kita juga perlu memanfaatkan infrastruktur yang ada lebih baik daripada saat ini,” kata Claes Nilsson, Presiden Volvo Trucks.

    Menurut Nilsson lagi, sistem transportasi yang dikembangkan oleh Volvo Trucks dapat menjadi pelengkap penting untuk solusi saat ini dan dapat membantu memenuhi banyak tantangan yang dihadapi oleh masyarakat, perusahaan transportasi dan pembeli transportasi.

    Kendaraan-kendaraan listrik otonom terhubung ke layanan cloud dan pusat kendali transportasi. Kendaraan-kendaraan dilengkapi dengan sistem canggih untuk mengemudi otonom. Mereka dirancang untuk mengidentifikasi posisi mereka dalam centimeter, memantau secara detail dan menganalisis apa yang terjadi dengan pengguna-pengguna jalan lain, dan kemudian merespons dengan akurasi tinggi.

    Pusat kendali transportasi terus memantau kemajuan transportasi dan mengawasi setiap posisi kendaraan secara akurat, kondisi baterai, muatan, dan lain-lain. Pusat kendali juga bisa menyetel kecepatan sehingga tidak ada lagi cerita keterlambatan pengiriman. [Itn]