Home Kendaraan Bus Kemenhub Siap Rombak Terminal Bus Giwangan, Yogyakarta

Kemenhub Siap Rombak Terminal Bus Giwangan, Yogyakarta

33
0

OTONIAGA.com – Pemerintah rencananya akan merevitalisasi seluruh terminal bus tipe Amerevitalisasi seluruh terminal bus tipe A di Indonesia untuk menyediakan layanan setara bandara. Terminal Giwangan, Yogyakarta juga menjadi salah satu terminal yang masuk dalam program tersebut. Dengan peningkatan pelayanan tersebut, pemerintah berharap adanya peralihan penggunaan kendaraan pribadi ke moda angkutan umum, khususnya bus.

“Alhamdulillah mudik kemarin berlangsung baik tetapi ada catatan bahwa angkutan masal nya belum maksimal, oleh karenanya kita berpikir bahwa angkutan masal ini menjadi suatu konsep yang menyeluruh baik di perkotaan maupun antar perkotaan. Yogya adalah satu kota tujuan wisata sehingga Terminal bus seperti di Giwangan ini harus di revitalisasi agar orang-orang yang selama ini tidak naik bus akan kembali naik bus,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Terminal Giwangan, Minggu (16/6).

Menhub mengatakan, terminal tipe A Giwangan nantinya juga akan mengakomodir angkutan untuk ke Bandara NYIA di Kulonprogo.

“Kita membuat angkutan dari Kulonprogo ke Giwangan jadi ada bus khusus nanti kombinasi dengan angkutan kereta api. angkutan kereta apinya dari Kulonprogo ke Lempuyangan sedangkan busnya dari Kulonprogo-Giwangan,” ucap Menhub.

Sebagai langkah awal revitalisasi terminal tipe A, akan ada 9 kota yang akan menjadi percontohan, yaitu Pekanbaru, Batam, Bandung, Semarang , Medan, Surakarta, Denpasar, Badung, dan Yogyakarta (Terminal Giwangan).

Dalam mewujudkan program tersebut, Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan, Kemenhub telah menyediakan anggaran sebesar Rp 2 triliun untuk merevitalisasi seluruh terminal tipe A di Indonesia dengan anggaran untuk per terminal sebesar Rp 50 miliar.