Home Kendaraan Niaga Bus 38 Terminal Tipe A Akan Dirombak Sesuai Standar Bandara

38 Terminal Tipe A Akan Dirombak Sesuai Standar Bandara

499
0

OTONIAGA.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana untuk merevitalisasai terminal bus Tipe A untuk memiliki fasilitas setara dengan bandara. Rencananya ada 38 terminal bus tipe A yang akan dirombak dan akan selesai sebelum mudik Lebaran 2020.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengaku, perbaikan terminal merupakan keinginan langsung dari Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi.

“Tahun depan terminal harus sama dengan bandara,” kata Budi Setiyadi, di Kantor Staf Presiden, Rabu (19/6/2019).

Untuk merealisasi rencana tersebut, dilakukan pengkajian mengenai spesifikasi level of servis pada bandara. Tidak hanya itu, peningkatan sumber daya manusia (SDM) juga akan menjadi salah satu peningkatan yang dilakukan.

“Yang pertama kita lakukan sekarang adalah saya mencari dana dulu untuk membangun secara fisik. Karena membangun fisik, kan ini kalau ada anggaran saya mudah membangun itu,” imbuhnya.

Mengenai pendanaan sendiri, dikatakan akan dilakukan dalam dua skema. Pertama melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), kedua menggunakan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Jumlah biaya sendiri dikatakan tergantung masing-masing terminal, berada di kisaran Rp 30 – 40 miliar.

“Rata rata kalau kita mau membangun kembali atau renovasi itu besar. Antara Rp 30-40 miliar. Bervariasi tergantung kondisi terminal,” pungkasnya.

Kemenhub juga sudah memetakan terminal mana saja yang akan diperbaiki. Secara lengkap, berikut terminal yang bakal disulap seperti bandara:

Menggunakan Dana APBN

  • Banten: Lebak
  • Jabar: Cicaheum Bandung, Leuwipanjang Bandung, Guntur Melati Garut, Ciakar Sumedang, Subang Jateng: Purwokerto, Kebumen, Ir. Soekarno Klaten, Purworejo, Cepu Blora, Bawen Semarang, Tingkir Salatiga, Tegal, Induk Pemalang, Pekalongan, Wonosobo
  • Daerah Istimewa Yogyakarta: Giwangan, Dhaksinaga
  • Jatim: Kambang Putih Tuban, Rajekwesi Bojonegoro, Purboyo Madiun, Bayuangga Probolinggo, Arjosari Malang, Sumenep Madura.

Menggunakan Dana SBSN

  • Banten: Pakupatan
  • Jabar: Harjamukti Cirebon, Banjar
  • Jateng: Demak, Bobotsari Purbalingga, Bangga Bangun Desa Cilacap, Mangkang Semarang
  • Jatim: Kenonegoro Ngawi, Pacitan, Tamanan Kediri, Tawangalun Jember.
  • Kaltim: Samarinda Seberang
  • Sulsel: Induk Lumpue Pare-Pare

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here