Home Onderdil Ini Cara Volvo Trucks Pangkas Konsumsi BBM

Ini Cara Volvo Trucks Pangkas Konsumsi BBM

45
0

GOTHENBURG – Truk-truk lansiran Volvo Trucks dengan mesin D13 untuk pasar-pasar Euro 3, Euro 4, Euro 5 dan EEV (Enhanced Environmental friendly Vehicle) kini lebih irit BBM (bahan bakar minyak) dan bersih dibandingkan sebelumnya. Ini berkat beberapa fungsi dipasang.

Fungsi pertama adalah Volvo Torque Assist untuk mengurangi konsumsi BBM dengan menyediakan pengendaraan yang lebih efisien ketika cruise control dinonaktifkan dalam operasi jarak jauh.

“Kami telah melihat bahwa ada kebutuhan untuk membantu pengemudi menghemat BBM juga ketika cruise control tidak bisa digunakan. I-Cruise, kontrol jelajah cerdas kami, masih merupakan cara terbaik untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar, tetapi kadang-kadang itu mungkin tidak berlaku. Dengan cara ini kami dapat mendukung pengemudi untuk memotong biaya BBM dalam situasi-situasi mengemudi seperti itu,” kata Peter Hardin, Director Product Management at Volvo Trucks.

Volvo Torque Assist dirancang untuk memberikan berkendara yang lebih hemat bahan bakar dengan secara otomatis menyesuaikan torsi truk dan akselerasi dengan topografi jalan, beban dan ubahan kecepatan. Fungsi ini hanya aktif saat berkendara tanpa menggunakan cruise control.

Fungsi berikutnya menjaga jumlah bahan bakar yang disuntikkan konstan setelah ‘green range’ (rentang hijau) mesin telah berlalu. Performa yang sedikit terganggu dikompensasi oleh peningkatan penghematan bahan bakar.

Volvo Trucks memangkas konsumsi bahan bakar dengan software baru dan mesin yang ditingkatkan.

Peta pedal juga telah dikalibrasi ulang. Pedal dibuat menjadi kurang sensitif untuk menciptakan pengembangan torsi lebih halus, yang, pada gilirannya, membuat truk lebih mudah dikendalikan.

“Sopir-sopir yang kurang terampil dalam mengemudi ekonomis lebih diuntungkan daripada mereka yang sudah memiliki gaya mengemudi ekonomis,” jelas Peter Hardin. “Software baru ini juga memberikan hasil yang lebih signifikan dengan beban berat, banyak ubahan kemiringan atau variasi kecepatan besar. Dalam tes lapangan, kami melihat potensi penghematan 3%.”

Mesin D13 versi Euro 6 Step D dengan perbaikan hardware sebenarnya telah diluncurkan pada awal 2019. Upgrade yang sama pun telah diterima oleh mesin D13 untuk pasar Euro 3-5, di mana friksi internal telah dikurangi dengan liner silinder baru dan cincin scraper oli berbentuk V yang baru. Efisiensi turbo telah diperbaiki dan sistem manajemen mesin ditingkatkan ke versi lebih baru dengan kapasitas lebih baik. [Itn]