Home Roda Niaga Truk Ringan Tata Ultra 1012 Meluncur di GIIAS 2016

Truk Ringan Tata Ultra 1012 Meluncur di GIIAS 2016

637
1
Tata Ultra 1012 GIIAS 2016

Jakarta – PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) memperkenalkan Tata Ultra 1012, truk ringan yang kuat dan menjanjikan biaya Total cost of ownership (TCO) terendah di kelasnya di ajang Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2016.

“Sebagai pembuat truk dan bis 10 besar dunia Tata Motors mempersembahkan truk ringan masa yang kuat, aman, hemat BBM dan multi guna. Kami yakin Tata Ultra adalah aset bisnis yang penting bagi customer kami dan akan menjadi pilihan utama dunia usaha yang sangat kompetitif,” ungkap Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI.

“Desain Tata Ultra telah disesuaikan dengan perkembangan terkini sesuai kebutuhan konsumen saat ini. Yakni performa yang superior, desain dan kenyamanan kabin kelas dunia, daya angkut yang tinggi serta konfigurasi beban bodi yang beragam. Yang berguna untuk menambah produktifitas usaha dan umur pakai yang lebih lama,” tambah Biswadev.

Tata Ultra 1012 menawarkan beragam keunggulan, memiliki beberapa varian yang dapat disesuaikan untuk setiap aplikasi, dirancang dengan pertimbangan teknis untuk mengakomodasi karoseri. Memiliki kapasitas angkut berkisar 4 sampai 7 ton dengan dimensi lebar bak 2,2 meter dan pilihan panjang 4-6 meter, terpanjang dikelasnya.

Interior Tata Ultra 1012
Interior Tata Ultra 1012

Untuk mesinnya, Tata Ultra 1012 dilengkapi mesin diesel Tata 497 TCIC 3.783 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 125 PS @2400 rpm dan torsi terbesar dibanding kompetitornya yakni sebesar 400 Nm @1300-1500 rpm. Gross Vehicle Weight (GVW) Tata Ultra 1012 sebesar 400 Nm @1300-1500 rpm. Gross Vehicle Weight (GVW) Tata Ultra 1012 sebesar kurang lebih 10 ton. Transmisi Tata Ultra menggunakan Transmisi G-550 dengan enam gigi dengan overdrive (OD).

Masuk dalam interior, desain kabin Tata Ultra menitik-beratkan pada kenyamanan dan keselamatan. Disamping mekanisme kendaranya, keunikan dari Tata Ultra 1012 adalah kokpitnya yang fungsional dan menarik. Desain kabinnya memberikan pengemudi sudut pandang yang luas. Hal ini tentunya memberi nilai kenyamanan dan keselamatan yang tinggi dengan seat adjuster, steering adjuster dan weight control seat. Karakteristik sistem kemudi power steering-nya ringan.

Tata Ultra 1012 juga dilengkapi fitur tilt and telescopic collapsible steering yang dapat menambah kenyamanan posisi mengendara dan mengoptimalkan stabilitas saat kendaraan dipacu dalam kecepatan tinggi. Untuk suspensi, Ultra 1012 dilengkapi parabolic leaf spring bagian depan dan semi eliptic leaf pada bagian belakang. Keduanya dilengkapi shock absorber dan rubber bushing.

Tata Ultra 1012 memiliki kapasitas kursi 3 buah dengan konfigurasi berjajar 1 Sopir dan 2 Penumpang. Kursinya dapat disesuaikan. Bisa digeser maju mundur dan direbahkan ke belakang.

Tata Ultra 1012
Tata Ultra 1012

Untuk keamanan Tata Ultra 1012 merupakan truk ringan pertama di Indonesia yang menggunakan Full Air Brake dan ban radial tubeless. Ban radial menawarkan daya cengkeram kuat sehingga meningkatkan keamanan mengendara. Bicara keamanan, Tata Ultra juga menyajikan neutral switch, side beam impact dan three points active retractable safety belt. Adapun chassis mengunakan teknologi Rolled Frame dengan material high tensile.

Seperti semua kendaraan Tata Motors di Indonesia, Tata Ultra didukung oleh program unik Customer Care TMDI yakni program “Peace of Mind”. Yang terdiri dari garansi terbaik di kelasnya, jaminan ketersediaan suku cadang serta jaminan 24 jam pengantaran pasti sampai atau gratis jika tidak sampai. Lalu 24 jam x 7 hari On Road Assistance. Dan Tata Motors sudah memiliki jaringan yang dinamakan Customer Touch Points sebanyak 119 outlet Touch Points yang terdiri dari fasilitas 3S (Sales, Service, Spare parts), 1S (Sales), 2S (Service, Spare parts) yang dinamakan Tata Certified Workshop (TCW) di seluruh Indonesia. Jawa, Sumatera, Bali dan Sulawesi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here