Home Kendaraan Niaga Bus Varian FE 84G BC, Tegaskan Posisi Mitsubishi di Segmen Bus Kecil

Varian FE 84G BC, Tegaskan Posisi Mitsubishi di Segmen Bus Kecil

2041
0

Jakarta – Sepanjang gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 kemarin Mitsubishi Fuso menyuguhkan varian bus anyar berbasis sasis FE 84G BC. Kehadiran bus eksklusif milik perusahaan jasa angkutan Big Bird itu sekaligus menguatkan posisi Mitsubishi di segmen bus kecil.

“Berbicara mengenai moda transportasi penumpang massal, Mitsubishi di Indonesia, memiliki beberapa varian yang dapat dijadikan bus penumpang. Salah satunya adalah varian FE 84G BC, yang dipamerkan selama GIIAS 2016 berlangsung (11- 21 Agustus),” tutur Public Relation & Promotion Department Head Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Sudaryanto, di Jakarta, Kamis (25/8).

Menurutnya, varian FE 84G BC memiliki sejumlah keunggulan. Konstruksi bodi misalnya, telah disesuaikan untuk bus. Sehingga, lanjut pria yang akrab disapa dengan Totok itu, memudahkan proses perakitan bus chassis menjadi bus yang utuh.

FE 84 BC

“Sementara, sistem suspensi bagian depan dan belakang menggunakan Long Tapered Leaf Spring (LTL). Walhasil, meningkatkan kenyamanan penumpang serta kestabilan saat berkendara,” ujarnya.

Keunggulan juga terlihat di bagian sasis, dimana tail pipe menggunakan long type sampai dengan bumper belakang bus. Hal itu dimaksudkan untuk memenuhi standar regulasi pemerintah (+250 mm).

Sedangkan posisi tangki bahan bakar diturunkan hingga 50 mm. Itu dimaksudkan agar memudahkan proses perakitan bus di karoseri, terutama pada saat penyesuaian perakitan lantai bus.

Saat ini FE 84G BC hanya dijual dalam bentuk chassis belum dalam bentuk bus utuh. Sebab, kata Totok, biasanya konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda dalam merakit bus yang diinginkan.

“Maka dari itu bus chassis ini diciptakan sedemikian rupa untuk mempermudah konsumen dalam merakit bus,” imbuhnya.

Sekadar catatan, sebelumnya, PT KTB telah memiliki portofolio lima bus kecil, yakni dua varian bus kecil enam roda dan tiga varian bus kecil empat roda. Varian enam roda terdiri dari bus sasis FE 84BC dan FE 83BC.

Adapun yang beroda empat adalah sasis FE71, sasis FE71 Long, dan sasis Espasio FE 71 Long Complete. Long Complete tersebut dipasarkan lengkap dengan bodi dari karoseri. (Ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here