Home MataData Begini Kinerja Penjualan Hino Indonesia Hingga September 2016

Begini Kinerja Penjualan Hino Indonesia Hingga September 2016

551
0

Jakarta – Sepanjang Januari hingga September lalu PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) membukukan penjualan sebanyak 15.538 unit meski di tengah kondisi pasar kendaraan niaga yang masih lesu. Kontribusi terbesar masih dicatatkan oleh varian truk medium.

Salah seorang pengurus Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut, sampai bulan ke Sembilan lalu, penjualan kendaraan niaga masih melorot dibanding periode yang sama tahun lalu.

“Secara keseluruhan, pertumbuhan pasar kendaraan roda empat atau lebih meningkat 3% dibanding tahun lalu. Tapi kalau dicermati, segmen kendaraan niaga masih turun sekitar 30% Pembangunan infrastruktur jalan tol yang dicanangkan 1.000 kilometer hingga 2019 akhir, sampai saat ini masih terealisasi 17%, sektor komoditas tambang dan perkebunan masih lesu,” paparnya kepada Otoniaga.

Sebelumnya, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, Santiko Wardoyo mengatakan, tahun ini pihaknya mematok target penguasaan pangsa pasar segmen medium truk 65% dan light duty truck 20%. Dia tak menampik pernyataan yang menyebut masih sulitnya kondisi yang harus dihadapi para pemain di segmen kendaraan komersial karena perekonomian yang masih lesu.

“Oleh karena itu, kami terus perkuat dan kembangkan jaringan (penjualan, servis, dan sparepart) di pusat-pusat kegiatan ekonomi dan industri, serta kota-kota strategis,” tuturnya.

Setelah awal Juni membuka showroom baru di jalan Raya Bekasi Timur, Cakung, Jakarta Timur, akhir September lalu membuka dealer 3S baru di Nangroe Aceh Darussalam. Bahkan dealer anyar itu merupakan dealer yang kedua.

“Karena di sini (Aceh) merupakan salah satu pasar yang penting bagi Hino. Sebab, di sini banyak terdapat industri gas alam, minyak bumi, semen, pertanian dan perkebunan,” tutur Presiden Direktur PT HMSI, Hiroo Kayanoki.

Aceh dan Cakung adalah bagian dari sejumlah showroom baru yang diresmikan pada tahun ini. Sebab, agen pemegang merek Hino itu telah memasang target 170 outlet showroom di seluruh Indonesia sudah harus terwujud pada 2016 ini. Sementara segmen yang gencar digarap antara lain sektor kargo, infrastruktur, dan lembaga pemerintah.

Data HMSI menunjukkan, sepanjang Sembilan bulan pertama tahun ini, penjualan terbanyak terjadi pada bulan Juni yakni 2.026 unit. Penjualan terbanyak kedua dan ketiga, masing-masing dibukukan pada bulan September yang sebanyak 1.914 unit, dan Mei sebanyak 1.896 unit. (Ara)

Berikut catatan penjualan sepanjang Januari – September lalu yang ditorehkan Hino Indonesia :

Bulan Penjualan (unit)
Januari 1.328
Februari 1.591
Maret 1.579
April 1.702
Mei 1.896
Juni 2.026
Juli 1.655
Agustus 1.847
September 1.914
Total 15.538
Sumber : PT HMSI, Oktober 2016

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here