Home Kendaraan Niaga Bus Begini Produktifitas dan Inovasi Karoseri Rahayu Santosa di Tahun 2016

Begini Produktifitas dan Inovasi Karoseri Rahayu Santosa di Tahun 2016

954
0

Bogor – Sepanjang tahun 2016 ini karoseri Rahayu Santosa cukup produktif menghasilkan model-model bus terbaru untuk memenuhi pesanan dan keinginan para pelangganya. Bahkan, bus Jetliner Semi High Deck, Jetliner High Deck, hingga Jetliner Double Decker disajikan di atas dengan panjang dan berat yang beragam.

Siaran pers Rahayu Santosa yang diterima Otoniaga, Sealasa (15/11) menyebut, Jetliner High Deck telah dipesan dan dikirimkan ke Perusahaan Otobus (PO) Siliwangi Antar Nusa (SAN). Bus itu dinamai S-Liner High Deck.

“Terima kasih kepada pelanggan setia Karoseri Rahayu Santosa, atas kepercayaannya kepada produk-produk kami,” tutur Marketing Manager PT. Rahayu Santosa, Chrystianto Sutardy.

Sementara, inovasi yang dilakukan karoseri terlihat dari ragam pilihan yang ditawarkan kepada para pelanggannya berdasar chassis yang digunakan. Untuk kebutuhan chassis dengan Gross Vehicle Weight (GVW) 15 – 16 ton dan panjang 12 meter, mereka bisa memilih Jetliner Semi High Deck.

Sedangkan untuk chassis dengan GVW minimal 16 ton ke atas dengan panjang mencapai 13,5 meter ada pilihan Jetliner High Deck. ‘Sepanjang tahun 2016, untuk bus dengan (GVW) 15 – 16 ton tidak kurang dari 10 perusahaan otobus yang memesan bus ini,” bunyi siaran pers.

Tercatat, pelanggan di area Jawa, PO yang memesan bus itu antara lain PO Sinar Jaya, PO Arimbi, PO Nuansa Ilham, dan PO Efisiensi. Di Sumatra ada Antar Lintas Sumatra (ALS) dan sejumlah PO lainnya.

Chrystianto menyebut, untuk bus dengan GVW 16 ton lebih atau yang masuk dalam kategori bus kelas premium, telah dipesan dan dikirim ke sejumlah PO. Perusahaan operator bus tersebut antara lain, PO NPM, PO RAPI, PO Bintang Utara, dan PO SAN.

“Jumlahnya delapan unit bus, yang telah dikerjakan dan dikirim ke mereka. Sedangkan yang masih dalam proses pengerjaan lebih dari delapan unit,” jelasnya.

Selain dua kategori bus berdasar chassis itu, tahun ini Rahayu Santosa juga mengerjakan bus maxi yakni tiga sumbu. Bus jenis itu telah dipesan oleh PO Putra Pelangi, PO Pelita, PO Makmur, PO Chandra dan PO Putra Jaya.

Jumlah bus maxi yang telah selesai dikerjakan sebanyak 4 unit dan yang masih dalam proses produksi 12 unit. Dengan jumlah pemesanan sebanyak itu, total bus yang sudah diproduksi telah mencapai 100 unit lebih. Adapun sekitar 40 unit yang lain yang masih dalam proses pengerjaan hingga akhir tahun.

Rahayu Santosa, hingga saat ini memang tercatat sebagai salah satu karoseri terbesar di Tanah Air. Karoseri yang didirikan pada tahun 1961 itu, awalnya merupakan operator bus selama 11 tahun sebelum beralih menjadi perusahaan manufaktur bodi bus pada tahun 1972.

Pada tahun 1974, Rahayu Santosa memutuskan untuk berhenti total sebagai operator guna fokus ke kegiatan manufaktur. Sejak tahun 1984, karoseri ini memindahkan markasnya ke Jalan Raya Bogor KM 48, Nanggewer, Cibinong, Bogor. (Ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here