Home Kendaraan Roda Tiga Tahun Ini, dalam Sepuluh Bulan Motor Niaga Viar Laku 25.000 Unit

Tahun Ini, dalam Sepuluh Bulan Motor Niaga Viar Laku 25.000 Unit

678
0

Jakarta – Sepanjang Januari hingga Oktober lalu PT Traingle Motorindo – produsen motor niaga roda tiga Viar – membukukan penjualan motor niaga sebanyak 25.000 unit. Tahan bantingnya sektor Usaha Kecil dan Menengah serta belanja pemerintah menjadi penyokong utama pasar penyerap kendaraan ini.

“Sampai Oktober angka penjualan berada kurang lebih 25.000-an. Saat ini perkembangan kendaraan niaga roda tiga memang terus meningkat. Hal tersebut tidak terlepas dari perkembangan zaman dimana masyarakat ingin berwirausaha dan membutuhkan kendaraan niaga yang simple, fleksibel, dan disesuaikan dengan kebutuhan,” papar Franky Osmond, Marketing Communication PT Triangle Motorindo dalam pesan singkat kepada Otoniaga, Selasa (15/11).

Pernyataan serupa diungkap Wendy, salah seorang staf dealer Viar di Tangerang, Banten. Menurutnya, varian produk Viar yang beragam menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli.

Dia mencontohkan kehadiran varian New Karya Bit, New Karya 150L, dan New Karya 200L. Menurutnya, New Karya Bit banyak diminati para pelaku usaha khususnya kaum perempuan.

“Karena bentuk bagian depan seperti motor skutik, namun membawa bak. Ini selain mudah untuk dinaiki juga lebih stylish. Umumnya digunakan untuk bisnis kuliner, bisnis jasa pengantaran barang, atau bahkan ada yang seperti toko berjalan,” tuturnya.

Selain varian Karya Series itu, Viar terbaru yakni Viar 300 cc dengan mini dump truck kapasitas muatan hingga 1 ton juga banyak diminati, khususnya oleh lembaga pemerintah. Salah satu keunggulannya memiliki sistem pendiginan mesin menggunakan radiator.

“Caranya kerjanya, saat mesin memanas dengan suhu 80 derajat, radiator akan bekerja mendinginkan mesin sampai mesin mati,” jelas Wendy saat dihubungi.

Selain keunggulan teknologi, Viar juga menyodorkan harga yang bersaing yakni antara Rp 20 – 29 juta. Dengan keunggulan itu, bukan hanya kalangan pelaku usaha skala UKM atau bahkan besar yang kepincut, tetapi juga institusi pemerintah.

Hal itu diamini Franky. “Beberapa lembaga pemerintahan tercatat telah memanfaatkan motor ini (roda tiga). Salah satunya adalah Dinas Kebersihan DKI Jakarta,” ucapnya. (Ara)

Spesifikasi singkat Viar Karya Bit 100
Mesin : 4 Tak DOHC
Kapasitas Mesin : 97 cc
Kopling : Otomatis/Sentrifugal
Transmisi : 4 kecepatan  maju dan 1 mundur
Panjang x lebar x tinggi : 2.800 x 1.080 x 1.260 milimeter (mm)
Jarak sumbu roda : Jarak sumbu roda: 1970 mm
Ketinggian dari tanah : 120 mm
Tipe rangka : Tulang punggung
Berat kosong : 115 kilogram
Suspensi : Teleskopik (depan) / Swingarm (belakang)
Ukuran ban : 2.50/17 (depan)  dan 2.75/17 (belakang)
Rem : Cakram Hidrolik (depan), Tromol (belakang)
Kapasitas tangki bensin: 3,8 liter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here