Sempat Ditertawai Punya Bus Tingkat, Perusahaan Ini Justru Menikmati Kesuksesan

    778
    0
    bus tingkat MAN

    Sepanjang 5 dekade perjalanan bus double-decker (bus tingkat) MAN NEOPLAN Skyliner memiliki banyak penggemar, salah satunya adalah Voyages Leroy.

    Operator pariwisata asal Belgia ini telah menjadi langganan MAN sejak 1973, dan menjadikannya sebagai operator pariwisata pertama Belgia yang mempunyai bus tingkat.

    Pada 1968, pemilik Voyages Leroy, Francis Delmuelle, sangat antusias melihat NEOPLAN Skyline.

    “Saya melihat sebuah bus spektakuler yang saya harus memilikinya di perusahaan saya,” ujar Francis, ketika itu.

    Lima tahun kemudian (1973) dia meminang satu NEOPLAN Skyline ke Belgia, sekaligus menjadi batu loncatan pertama bagi bus double-decker di sana.

    Saat ini bisnis Voyages Leroy dipegang oleh Emanuelle Delmuelle dan dia masih mempertahankan ‘tradisi’ ayahnya.

    “Kami selalu berada di depan saat harus menyenangkan para pelanggan dalam kenyamanan dan desain luar biasa. Skyliner itu murni sihir! Ini memberi kami kesempatan fantastis untuk meningkatkan profil kami. Tingkat efisiensi yang tinggi memberi alasan lain untuk membeli. 80 penumpang bisa diangkut dalam satu bus. Citra perusahaan terangkat berkat bus nyaman,” ujar Emanuelle.

    “Dulu banyak pesaing kami menertawakan keputusan kami dan berpikir bahwa kami terlalu banyak mengambil risiko. Ketika itu kami harus merogoh kocek hingga 3,5 juta franc Belgia untuk membeli satu bus double-decker,” kenangnya.

    Emanuelle menceritakan pengalaman unik terjadi Ketika Voyages Leroy tiba di perbatasan Jerman-Belgia, pihak bea cukai menatap bus tingkat selama satu jam. Para petugas tak mengetahui ‘benda’ apakah ini dan harus menelpon departemen perhubungan Belgia di malam hari saat itu juga untuk memastikan ini adalah sebuah bus biasa.

    Ayahnya pun sering mengemudikan bus tingkat pertamanya ke Stuttgart, markas MAN, untuk mendapatkan servis karena saat itu susah memeliharanya di Belgia.

    “Ayah saya adalah seorang penggila Neoplan. Dan dia didukung oleh para staffnya,” ujarnya.

    Kini, bus double-decker pertama Leroy telah pensiun setelah bertugas selama 17 tahun dan menjelajah hingga sekitar 3 juta kilomter!!!

    Pada 1985, Perusahaan membeli bus double-decker NEOPLAN Skyliner kedua, yang telah jauh mengalami perbaikan dalam hal kenyamanan dan keselamatan. Bus kedua ini menyediakan toilet dan pemutar video di dalam kabin.

    Pada 1988, terdapat empat bus tingkat di depot Leroy, diikuti oleh enam NEOPLAN Skyliner, Megaliner, dan yang paling baru dua Starliner di tahun 2011. [Itn]

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here