Home Kendaraan Niaga Bus Setengah Abad Perjalanan Bus Tingkat Jarak Jauh Neoplan Skyliner

Setengah Abad Perjalanan Bus Tingkat Jarak Jauh Neoplan Skyliner

482
0

Munchen – Pada 26 April 1967, MAN NEOPLAN Skyliner pertama keluar dari pabrik, sekaligus menandai bus tingkat jarak jauh (double-decker touring coach) pertama di dunia.

Ya, ketika itu Konrad Auwärter muda mengejutkan dunia bis (coach) dengan tesisnya, sebuah double-decker untuk tour (jarak atau perjalanan jauh)? Saat itu ide tersebut tak terbayangkan.

Namun anak bungsu Gottlob Auwärter benar-benar percaya pada konsepnya dan mengubah Skyliner NEOPLAN pertama menjadi kenyataan.

Untuk membuktikan kesesuaiannya untuk penggunaan sehari-hari, dia mengemudikan bis sepanjang 12 meter tersebut dari Stuttgart ke Brussels.

“Pada waktu itu, tidak ada orang yang percaya bahwa itu mungkin, mengendarai sebuah bus tingkat di jalan bebas hambatan tanpa terbalik. Tapi kami segera meyakinkan orang-orang ragu itu,” kenang Konrad Auwärter pada acara perayaan ulang tahun NEOPLAN Skyliner.

“Sejak 1969 dan seterusnya, banyak perusahaan transportasi terkenal memilih untuk menggunakan NEOPLAN Skyliner, misalnya Götten di Saarbrücken dan TRD-Reisen di Dortmund.”

Dia pun menceritakan pada 1995 sebuah tim bus dibangun bertugas membuat bus untuk Juara F1 Keke Rosberg.

“Rosberg sendiri mengunjungi pabrik kami beberapa kali untuk menambahkan definisi tambahan pada kendaraan ini. Puncaknya adalah dek atap dari baja anti-karat dengan pagar lipat. Itu adalah tingkat tertinggi arsitektur bus! Karyawan-karyawan kami sangat bangga dengan bus itu,” jelas Auwärter.

Hingga sekarang hampir 5000 NEOPLAN Skyliner berkeliaran di jalan-jalan di seluruh dunia, menawarkan dimensi unik bagi penumpang. Armada bus ini mencakup beberapa contoh yang sangat mencolok, seperti Megaliner quad-axle (4-poros) atau Jumbocruiser bus gandeng bersusun ganda.

NEOPLAN Skyliner telah berkembang biak menjadi 7 generasi. MAN Truck & Bus menjejalinya dengan berbagai fitur atau sistem keselamatan seperti emergency brake assist, lane guard system, detektor kelelahan pengemudi, Comfort Drive Suspension yang dikontrol secara elektronik.

Di usianya yang panjang, Neoplan Skyliner telah meraih banyak penghargaan termasuk pada 2016 menerima salah satu penghargaan bergengsi IBC Award (International Bus Competition).

Selamat ulang tahun bus tingkat jarak jauh dari MAN! [Itn]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here