Home Kendaraan Niaga Bus Neoplan Tourliner : Bus Neoplan Terbaru dengan Kenyamanan Lebih

Neoplan Tourliner : Bus Neoplan Terbaru dengan Kenyamanan Lebih

363
0

Hannover – Pabrikan truk dan bus asal Jerman, MAN, memperkenalkan varian terbaru di jajaran bus – Neoplan – yakni Neoplan Tourliner di ajang IAA Commercial Vehicles 2016 lalu. Bus ini menyuguhkan sejumlah keunggulan mulai dari aerodinamika yang lebih tinggi hingga fitur kelas premium.

Seperti dilaporkan laman Mantruckandbus, kekhasan gaya desain Neoplan Tourliner adalah gaya kubah depan yang memanjang ke atap, garis-garis yang tajam, serta lampu baru yang dirancang untuk menunjukkan kekhasan Tourliner.

MAN menyebut, bagian eksterior keluarga anyar bus Neoplan itu dirancang memiliki tingkat aerodinamika 20% lebih tinggi ketimbang varian sebelumnya. Walhasil, tingkat koefisien drag-nya 0,36 atau setara dengan koefisien drag van medium keluaran terbaru.

Dengan karakter rancang bangun eksterior seperti itu, maka konsumsi bahan bakar juga bisa lebih dihemat hingga 10%. Meski begitu, performa mesin masih tetap oke. Pasalnya, anak perusahaan MAN itu juga menyempurnakan mesin MAN D2676 LOH R6 agar hentakan tenaga dan torsi tetap tinggi.

Data teknis yang disodorkan pabrikan menyebut mesin berkapasitas 12.419 cc itu mampu menyemburkan tenaga 420hp pada 1.800 rpm dan torsi 2.100 Nm pada 930 – 1.350 rpm.

Fitur anyar yang membuat bus ini semakin ciamik adalah hadirnya lampu siang hari (DRL) LED dengan gaya rancang pencahayaan seperti cincin. Intensitas cahaya tak menyilaukan, sehingga lebih ramah bagi pengguna jalan lain.

Sementara di bagian interior berlimpahnya cahaya – dengan lampu LED – menjadi unsur kenyamanan tersendiri. Padu padan warna kontras antara abu-abu dan krem menciptakan kesan mewah.

Terlebih bagian lorong dibuat lega sehingga akses penumpang lebih mudah, karena space yang lega dan rak penyimpanan barang yang lebih ergonomis yang mudah diakses. Karakter ergonomis juga terlihat pada kursi pengemudi dan penumpang.

Keluarga paling gres Neoplan itu juga menyediakan ruang yang cukup lega, yakni setara dengan enam baris kursi sebagai ruang bagi pengguna kursi roda.

Kenyamanan penumpang juga terlihat dari hadirnya perangkat pengontrol suhu di masing-masing kursi. Begitu pun dengan sistem hiburan sistem multimedia termasuk USB charging port yang membuat penumpang bisa mengakses data-data pribadi.

Sedangkan fitur keamanan tidak bisa diragukan. Selain seperti halnya varian Nepolan lainnya, versi anyar ini juga dilengkapi emergency brake assistant (EBA), adaptive cruise control (ACC), serta tyre pressure monitor.

Namun, masih banyak fitur baru yang diberikan. Fitur tersebut antara lain teknologi EfficientCruise MAN yang baru dengan EfficientRoll. Kemudian ada Roll Over Prevention, dynamic stability control, electronic stability program, electronic brake system, hingga maximum speed control, dan lainnya. (Ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here