Pameran Diecast Terbesar di Indonesia Sukses Catatkan Rekor

    584
    0

    Jakarta – The 4th Indonesia Diecast Expo (IDE) 2017 sukses dilangsungkan pada 28-29 Oktober lalu di Balai Kartini, Jakarta. Yang paling impresif adalah tercatatnya rekor baru hasil lelang diecast resmi gelaran IDE 2017 yang mencapai Rp 32 juta! Adalah Hot Wheels (HW) Morris Mini Cooper Custom No. 1 of 50 yang pada pameran diecast tahun 2016 lalu terjual sebesar Rp. 8,5 juta, tahun ini terpecahkan oleh HW Morris Mini Cooper No. 1 of 100 edisi IDE 2017 hingga hampir tiga kali lipatnya.

    “Lelang kali ini benar-benar luar biasa. Nilainya sulit dipercaya. Hal ini tak lepas dari begitu antusiasnya para pengunjung untuk mendapatkan event car edisi terbatas yang selalu ditunggu setiap tahunnya,” ujar Vero Sahetapy, Ketua Panitia IDE 2017.

    The 4rd IDE 2017 yang bertema Muscle Power juga menampilkan deretan mobil 1:1 yang terdiri dari : Shelby GT 500 lansiran 2010 dan 2017, Chevrolet Bel Air ‘55, Chevrolet Camaro ‘69, Ford Mustang Pony ‘66, dan Dodge Charger ‘69. Dari sisi jumlah pengunjung, IDE 2017 dikunjungi sekitar 12 ribu pengunjung selama dua hari pelaksanaannya, tidak berbeda jauh dengan penyelenggaraan IDE tahun 2016 lalu. Pun, dengan jumlah transaksi selama dua hari yang masih berada di angka Rp 3 milliar.

    Selain menampilkan kurang lebih 80 pelapak yang menjual diecast dari berbagai merk dan skala, pameran diecast ini juga selalu memamerkan koleksi diecast dari sejumlah kolektor dan komunitas. Salah satu komunitas yang turut serta memamerkan koleksi-koleksinya adalah Indonesian Transporter Diecast Community (ITDC). Komunitas ini dapat dibilang cukup unik karena menampilkan jajaran truk-truk transporter pengangkut kendaraan bermotor dalam berbagai skala.

    ITDC merupakan komunitas penggemar truk-truk transporter. Komunitas ini didirikan pada bulan Juni 2015 dan berbasis group di Facebook yang dibidani oleh Reyza dan Dony. Pada awalnya, kedua punggawa ini sekedar coba-coba membuat diecast transporter karena minimnya diecast model ini dibuat oleh pabrikan diecast.

    Di pameran diecast IDE 2017, seluruh meja di lapak ITDC tampak dipenuhioleh berbagai jenis Truk Transporter terutama yang berskala 1:43. Koleksi para anggota ITDC kebanyakan adalah hasil buatan sendiri atau custom. “Kebanyakan truk-truk transporter ini dibuat dengan menyesuaikan model truk transporter yang sebenarnya ada di Tanah Air, seperti yang berbasis Hino Ranger atau Mitsubishi Fuso,” ujar Reyza saat ditemui di IDE 2017. Meski begitu, tampak juga beberapa model truk transporter ala Amerika, Eropa maupun Australia seperti Road Train yang kerap ditemui di Negeri Kangguru tersebut.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here