Home Kendaraan Niaga Bus Bus BNN Dirancang Khusus Dengan Kabin Untuk Anjing Pelacak Narkoba

Bus BNN Dirancang Khusus Dengan Kabin Untuk Anjing Pelacak Narkoba

279
0

Jakarta – Alat transportasi bus menjadi salah satu media penting bagi masyarakat untuk berpergian, tidak terkecuali badan milik pemerintah, Badan Narkotika Nasional (BNN). Badan yang bertugas memberantas peredaran narkoba yang makin marak di Tanah Air ini menjalankan tugasnya dengan berbagai peranti pendukung dari Pemerintah, salah satunya adalah anjing pelacak K9.

K9 ini merupakan sebutan unit anjing pelacak Polri yang ditempatkan di BNN dan khusus dilatih untuk mengendus aneka jenis narkoba. Saat ini BNN memiliki sembilan ekor anjing pelacak yang didatangkan khusus dari Belanda.

Menariknya, anjing-anjing yang dibawa dari negara Belanda yang bersuhu dingin itu juga membutuhkan tempat tinggal bersuhu dingin juga. Karena itu BNN menyiapkan kendaraan khusus untuk mengangkut anjing-anjing itu ke lokasi yang dituju. Salah satu kendaraan transportasi itu adalah bus ukuran medium yang kabinnya dikaroseri khusus dengan kandang mobile. Tidak hanya dengan kandang khusus di dalam kabin saja, agar suhu tetap dingin, Bus dilengkapi dengan dua unit AC split dengan kompresor yang ditempatkan di bagian paling belakang.

Ahmad Fatoni, Kasubdit ULP Interdiksi BNN mengatakan, K9 bekerja tidak hanya mendeteksi potensi kiriman narkoba yang memanfaatkan jasa perusahaan pengiriman ekspres dan logistik yang saat ini tengah dilaksanakan.

“Jangkauan Operasi K9 juga di pelabuhan, bahkan sampai bedah rumah. Kita memiliki anjinh yang terlatih mencium segala jenis narkoba,” kata Ahmad Fatoni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here