Home Onderdil Pertamina Siapkan BBM Ramah Lingkungan Berkualitas Euro 4

Pertamina Siapkan BBM Ramah Lingkungan Berkualitas Euro 4

107
0

Produsen bahan bakar milik pemerintah, PT Pertamina (Persero) tidak hanya sekedar menjual bahan bakar kendaraan bermotor saja, namun juga berusaha menghadirkan BBM berkualitas dan ramah lingkungan. Hal ini sejalan dengan program penerapan standar Euro 4 yang juga membutuhkan BBM dengan kualitas yang juga sesuai.

Manager External Communication PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Paramita, pada kegiatan Bro Ringo (Obolan Ringan Otomotif), Mitos & Fakta, Seputar BBM dan Pelumas, ini digelar di Bogor, Senin (26/3), mengatakan bahwa penerapan BBM ramah lingkungan ini dihadirkan untuk menjaga kualitas udara yang lebih sehat.

Dari pantauan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, diketahui bahwa beberapa kota besar di Indonesia memiliki kualitas udara yang sudah melampaui ambang batas baku mutu udara yang sehat. Seperti Jakarta, periode Januari 2017 – Januari 2018, kualitas udaranya mencapai 35 ug/m3, sudah melampaui standar WHO 25 ug/m3. Penyebab utama di bawah standarnya kualitas udara ini salah satunya adalah gas buang kendaraan bermotor dengan mesin yang menggunakan BBM berkualitas rendah.

“Menjelang pelaksanaan Asian Games pada Agustus 2018 dan Pertemuan IMF pada Oktober 2018, pemerintah mensyaratkan penggunaan BBM setara Euro 4 mulai bulan Mei 2018 di Jabodetabek, Palembang, Surabaya, Yogyakarta, Banyuwangi, Bali, Bandung dan Labuan Bajo,” ujar Arya.

Arya mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah menyiapkan BBM berstandar Euro 4 yang sesuai dengan peraturan yang akan berlangsung di Indonesia.

“BBM berkualitas dan ramah lingkungan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen, apalagi produsen otomotif telah mensyaratkan BBM berkualitas tinggi dengan oktan 92 untuk kendaraan di atas tahun 2010,” tutur Arya.

Dalam menyediakan BBM berkualitas tersebut, Pertamina dikatakan menjalankan berbagai program modernisasi kilang (Refinery Development Masterplan Program/RDMP) dan pembangunan kilang baru (Grass Root Refinery/GRR). Dengan program ini, dalam 5 hingga 7 tahun ke depan Pertamina menargetkan bisa memproduksikan BBM berkualitas dan ramah lingkungan standar Euro-5. Saat ini, sejumlah kilang Pertamina antara lain di Balikpapan, Balongan dan Cilacap, telah disiapkan untuk menghasilkan produk BBM berkualitas tinggi seperti Pertamina Dex, Pertamax dan Pertamax Turbo.

“Sesuai Peraturan Menteri (Permen) KLHK No 20 tahun 2017, maka BBM berkualitas tinggi dan ramah lingkungan akan menjadi pilihan masyarakat. Penyediaan BBM berkualitas merupakan komitmen Pertamina menekan pencemaran udara dan menjamin efisiensi kendaraan,” ujar Arya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here