Home Kendaraan Niaga Bus Bus Autonomos Secara Resmi Beroperasi untuk Umum di Norwegia

Bus Autonomos Secara Resmi Beroperasi untuk Umum di Norwegia

110
0

Jakarta, OTONIAGA.com – Bus autonomous yang beroperasi secara resmi untuk umum beroperasi di Norwegia. Perusahaan transportasi, Kolumbus di Stavanger, Norwegia berhasil mendapatkan persetujuan untuk menjalankan bus self driving di sejumlah jalan di kota, yang mana merupakan langkah besar dalam teknologi autonomous dalam industri otomotif.

Ini merupakan lisensi pertama yang diberikan pemerintah Norgegia untuk mengoperasikan kendaraan autonomous, dan menurut perusahaan, merupakan pertama di dunia untuk mengizinkan beroperasi sebagai kendaraan transportasi publik di jalan umum diluar uji coba.

Meski begitu, pemerintah Norwegia masih memberikan pembatasan pada kendaraan milik Kolumbus. Karyawan Kolumbus harus selalu ada di dalam bus, untuk mengambil alih kemudi manual dengan menekan rem bila terjadi situasi berbahaya. Batasan lain adalah kecepatan maksimum dari bus adalah 12 km per jam dan jumlah penumpang maksimum adalah 6 orang.

Bus autonomous Kolumbus ini merupakan EasyMile EZ10 yang dibuat di Perancis, dengan kapasitas 15 penumpang dan kecepatan tertinggi 45 km per jam.

“Aku pikir sangat natural di masa depan untuk duduk di kendaraan yang tidak dikendarai sendiri,” kata Menteri Transportasi, Ketil Solvik-Olsen. Dia juga menghubungkan hal ini dengan pengalaman, “masuk ke elevator, menekan tombol dan dipastikan akan berhenti pada lantai yang dipilih.”

Rencananya bus autonomous ini akan beroperasi pada jalur bus normal di Focus, area luar Stavanger, dimana terdapat 40.000 orang pekerja untuk 3.500 perusahaan dengan area yang relatif kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here