Home Rest Area Uniknya Konser Musik Klasik di Bus Listrik Volvo

Uniknya Konser Musik Klasik di Bus Listrik Volvo

543
0
Konser Musik Kaldik di bus listrik kota Gothernberg, Swedia- dok. Volvo

Gothenburg – Selama dua hari (16 – 17 Juni) para penumpang bus listrik rute 55 di kota Gothenburg, Swedia bisa menikmati konser musik klasik sepanjang perjalanan. Selain promosi, konser yang dilakukan El Sistema itu juga untuk membuktikan keunggulan bus listrik.

Siaran pers Volvobuses menyebut, konser tersebut merupakan kolaborasi antara Elsistema , lembaga nirlaba ElectriCity, serta Volvo. Bus listrik yang digunakan adalah bus besutan Volvo.

El Sistema adalah sebuah program yang bertujuan menciptakan dan mengembangkan perubahan sosial yang positif di kehidupan anak-anak kurang mampu melalui musik. Program ini didirikan pada tahun 1975 di Venezuela oleh ekonom yang juga musisi Antonio Abreu.

Sedangkan ElectriCity adalah usaha patungan dari 14 lembaga dan tokoh yakni mulai dari pemerintah kota, lembaga bisnis dan perdagangan, sekktor publik, hingga akademisi. Lembaga ini ingin mengembangkan, menguji, sekaligus mengevaluasi sebuah solusi alternatif angkutan umum di masa depan.

Kini moda trabsportasi yang tengah mereka teliti dan kembangkan adalah bus listrik dengan kenyamanan yang tinggi. Caranya, dengan menyuguhkan konser musik yang bisa dengan nyaman dinikmati.

Kebetulan, di saat yang sama El Sistema menggelar acara tahunan yakni kamp Side by Side by El Sistema. Acara ini merupakan acara kumpul-kumpul tahunan bagi anak-anak dari berbagai penjuru dunia untuk belajar musik dari sejumlah musisi kondang dunia.

“Ini adalah cara yang sangat bagus untuk menunjukan kepada dunia tentang apa-apa saja yang mungkin dilakuka di bus dalam sebuah bus (listrik) yang senyap. El Sistema dan Side by Side keduanya melakukan pekerjaan yang sangat penting. Kami dengan bus listrik sangat senang dan mendukung untuk memungkinkan musisi muda bermain (konser) di atas bus,” papar Media Relation Manager Volvo Bus, Helena Lin.

Senada dengan Lin, Manajer Bidang Anak-anak dan Pemuda Gothenburg Symphony Orchestra, Petra Kloo Vik mengatakan, konser musik di dalam bus listrik yang tengah melaju adalah cara unik yang berbeda dengan konser yang ada selama ini. Cara itu selain bisa menarik minat dan membangkitkan gairah anak-anak muda untuk bermusik juga sekaligus menjadi ajang pembuktian keunggulan bus listrik yang senyap dan nyaman.

“Cara ini sekaligus membuktikan bahwa pertunjukan seni bisa dilakukan di mana saja, di tengah-tengah masyarakat,” ucapnya. (Ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here