Home Kendaraan Niaga Cari Pickup? Sambangi Booth Tata Motors dan Isuzu di GIIAS 2018

Cari Pickup? Sambangi Booth Tata Motors dan Isuzu di GIIAS 2018

946
0
Pilihan Pickup GIIAS 2018
Pilihan pickup untuk berbisnis di GIIAS 2018

Tangerang, OTONIAGA.com – Dalam berbisnis, peran alat transportasi menjadi salah satu hal vital karena berkaitan langsung dengan biaya operasional. Bagi para pebisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pilihan kendaraan niaga yang kerap dipilih adalah segmen pickup. Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, setidaknya ada empat pilihan pickup bermesin diesel yang dapat dipinang sesuai dengan kebutuhan bisnis, mulai dari pickup mungil 700 cc hingga pickup bongsor bermesin 3,0 liter.

Sayangnya, hanya ada dua merek yang memberikan pilihan model pickup di ajang ini, yaitu Tata Motors dan Isuzu. Tata Motors bahkan memiliki tiga pilihan model melalui Ace EX2, Super Ace dan Xenon, sementara Isuzu hanya satu dengan produk barunya Isuzu Traga. Padahal di pasar pickup bermesin diesel ini, masih ada Mitsubishi Colt L300 yang menjadi pemimpin pasar di kelasnya, namun pihak APM Mitsubishi tidak membawa mobil ini ke ajang GIIAS 2018.

Seperti apa pilihan pickup yang tersedia di GIIAS 2018? Berikut ini pilihannya:

1. Tata Ace EX2
Mobil lansiran Tata Motors ini menjadi salah satu pilihan pickup dengan dimensi termungil di kelasnya.
Kehadiran Tata Ace EX2 pada tahun 2014 menjadikan Tata Motors menciptakan segmen baru di kategori pickup. Tata Ace EX2 adalah Pick up bermesin diesel yang berdimensi paling ringkas sebagai solusi kegiatan distribusi yang menjangkau hingga ke wilayah terpencil sekalipun.

Tata Ace EX2

Tata Ace EX2 yang dibekali mesin diesel berkapasitas 702 cc dengan tenaga 15 hp dan torsi 38 Nm, ditujukan untuk para pebisnis baik di pedesaan maupun perkotaan. Tata Ace EX2 adalah mini pick up pertama di Indonesia dengan harga terjangkau dan memiliki tingkat efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya. Bagian bak Tata Ace EX2 juga bisa dimodifikasi oleh perusahaan karoseri sebagai mobil boks, pengangkut botol gallon air, pengangkut sampah, dan sebagainya.

Tata Ace EX2 dibekali transmisi manual 5-percepatan, velg berukuran 13 inci, serta kemudi yang ringan dan responsif. Salah satu keunggulan Tata Ace EX2 adalah biaya kepemilikannya yang rendah. Dimensinya yang ringkas juga menjamin kelincahan Tata Ace EX2 di berbagai kondisi jalan. Bagian bodi dan seluruh komponen Tata Ace EX2 yang dibangun menggunakan baja yang tebal dan kuat, membuatnya mampu mengangkut material berbobot sedang tanpa hambatan berarti.

Tata Ace EX2

Untuk mendukung bisnis UMKM, Tata Motors menawarkan dimensi bak belakang (pxlxt) 2.140 x 1.420 x 300 mm bagi Ace EX2 dengan berat kotor maksimum (GVW: Gross Vehicle Weight) hingga 1.550 kg. Di kabin penumpang, Tata Ace EX2 dapat mengangkut dua orang (pengemudi dan penumpang). Tata Motors membanderol Ace EX2 dengan harga Rp 88 juta (on the road Jakarta) dan Rp 88,7 juta khusus Ace EX2 berwarna biru. Dalam ajang GIIAS 2018 ini Tata Motors memberikan diskon bagi Ace EX2 sebesar Rp 10 juta.

2. Tata Super Ace
Masih dari merek Tata Motors, pilihan pickup lainnya adalah Tata Super Ace yang menawarkan dimensi lebih besar dibandingkan Ace EX2. Pasar small pickup Tanah Air selama ini dikuasai oleh pickup bermesin bensin 1.500 cc, namun kehadiran Tata Super Ace menjadikan pasar small pickup mendapatkan pilihan pickup bermensin diesel untuk pertama kalinya.

Tata Super Ace

Tata Super Ace mengusung mesin diesel 1,4 liter dengan imbuhan turbocharger, bertransmisi manual 5-speed, dengan tenaga 70 PS dan torsi 135 Nm. Karakter mesin diesel yang memiliki torsi puncak pada rpm rendah menjadikan konsumsi bahan bakarnya lebih ekonomis dibandingkan kendaraan bermesin bensin, mesinnya juga lebih minim gesekan komponen dan usia komponen lebih panjang. Hal ini menjadikan biaya perawatan pun lebih rendah dibandingkan pickup bermesin bensin.

Bak muatan Super Ace menjadi salah satu yang paling panjang di kelasnya dengan dimensi (pxlxt) 2.690 x 1.512 x 430 mm, dengan material plat bak dan kabin paling tebal. Ambang deknya rendah hanya 597 mm, yang sangat memudahkan untuk menaikkan atau menurunkan muatan. Semakin memudahkan bagi pengguna dengan fitur 3-way dropside yang memudahkan akses menaikkan dan menurunkan muatan. Untuk daya angkutnya, Tata Motors mengklaim berat kotor maksimum (GVW: Gross Vehicle Weight) Super ace mencapai 2.260 kg.

Tata Super Ace

Di ajang GIIAS 2018, Tata Motors menawarkan Super Ace dengan harga mulai Rp 130,9 juta hingga Rp 146,2 juta (on the road Jakarta). Bagi konsumen yang meminati Super Ace, Tata Motors menawarkan promo diskon Rp 15 juta.

3. Isuzu Traga
Di kelas yang lebih tinggi, medium pickup, ada Isuzu Traga yang merupakan produk terbaru dari PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) untuk melawan dominasi Mitsubishi Colt L300. Dikenal sebagai rajanya diesel, Isuzu membawa berbagai keunggulan mesin diesel yang dimiikinya sebagai salah satu kelebihan yang dimiliki Traga. Tak hanya itu, dari sisi dimensi, Isuzu juga mengklaim bahwa Traga mampu mengungguli pesaing di kelasnya.

Isuzu Traga

Dari sisi dimensi bak angkut, Traga memiliki bak terluas di kelasnya dengan ukuran (pxlxt) 2.810 x 1.620 x 300 mm. Traga diklaim mampu mengangkut sekaligus 60 galon air mineral dalam sekali angkut. Berat kotor maksimum (GVW: Gross Vehicle Weight) yang dimiliki oleh Traga mencapai 2.950 kg. Tak hanya itu, kabin Traga juga diklaim lapang dan nyaman serta memiliki visibilitas yang baik bagi pengendara. Bahkan di dalam, Traga telah dilengkapi blower, sistem audio dan panel instrumen digital.

Yang menarik, Traga mengusung mesin diesel andalan Isuzu yang telah terbukti kehandalannya. Adalah mesin legendaris Panther 4JA1.L, 2,5 liter yang diletakkan di bawah bangku kabin menjadi mesin yang dikenal bandel dan irit bahan bakar. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 80 hp dan torsi maksimal 191 Nm. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi manual 5-speed.

Isuzu Traga

Isuzu Traga dijual dengan banderol harga Rp 190 juta dan untuk pembelian di ajang GIIAS 2018 ini, pengunjung yang meminang Traga berhak mendapatkan diskon Rp 25 juta.

4. Tata Xenon HD
Pilihan pickup terakhir di kelas ini adalah Tata Xenon HD (Heavy Duty) yang mengusung bodi dengan bonnet di bagian depan dan mesin yang bertenaga. Xenon HD merupakan penerus dari Tata Xenon RX dengan peningkatan performa dan kemampuan menanjak yang lebih baik.

Tata Xenon HD

Peningkatan performa didapat dari penggunaan mesin diesel 3,0 liter dengan imbuhan direct injection dan turbo-intercooled. Tata Motors mengklaim Xenon HD mampu mengais tenaga puncak hingga 74 hp dan torsi maksimal terbesar di kelasnya mencapai 275 Nm. Mesin ini berpadu dengan penggunaan transmisi manual 5-speed. Xenon HD dapat meraih kecepatan maksimal 105 km/jam serta konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Sementara peningkatan kemampuan menanjaknya diperoleh dari perubahan final gear menjadi 4.55 yang menjadikan Xenon mampu menanjak dengan tingkat kemiringan hingga 28%.

Dalam hal daya angkut, dimensi bak Xenon HD mencapai (pxlxt) 2.640 x 1.830 x 420 mm, dan berat kotor maksimum (GVW: Gross Vehicle Weight) yang dimilikinya mencapai 3.550 kg. Menggunakan transmisi dengan teknologi terbaru, Xenon HD didesain untuk memberikan pengoperasian perpindahan gear yang mudah. Xenon HD juga telah dilengkapi dengan power steering, adjustable steering column, dan bucket seat untuk kursi depan dengan pengaturan posisi duduk.

Tata Xenon HD

Pada ajang GIIAS 2018 ini, Tata Motors membanderol Xenon HD dengan harga Rp 170 juta (on the road Jakarta) atau Rp 171,7 juta khusus untuk warna merah dan perak. Selama GIIAS 2018 berlangsung, pembeli Xenon HD juga berhak mendapatkan diskon hingga Rp 20 juta.

Pilihan Pickup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here