Home Onderdil Cara Cerdas Memilih Spare Part Mobil, Berikut Ulasannya

Cara Cerdas Memilih Spare Part Mobil, Berikut Ulasannya

47
0
Sparepart UD Truck

Suku cadang merupakan salah satu barang yang paling penting untuk mobil anda, terutama mobil niaga yang memiliki waktu pakai yang tinggi. Untuk mengganti suku cadang atau sparepart mobil memang menjadi bentuk perawatan yang wajib dilakukan oleh para pengguna atau pemilik mobil. Saat ini memang tidak sulit lagi untuk menemukan sparepart mobil yang membuat masyarakat semakin bingung ketika akan memilihnya. Selain itu sparepart tersebut juga tidak memiliki jaminan Apakah asli ataukah tidak.

Tips Memilih Spare Part Mobil

Tidak bisa dipungkiri untuk membedakan apakah spare part tersebut asli ataukah tidak memang cukup sulit terutama bagi para konsumen yang masih Awam. Tidak jarang justru mereka menjadi korban penipuan dari para pedagang suku cadang yang kurang bertanggung jawab.

Kendati demikian anda tetap bisa menghindari suku cadang yang tidak original, berikut ini cara cerdas memilih sparepart mobil untuk meminimalisir suku cadang palsu.

  1. Belilah di tempat resmi

Hal paling penting agar Anda bisa mendapatkan spare part mobil asli adalah dengan membeli di tempat penjual spare part resmi. Dengan membeli melalui toko resmi maka kemungkinan besar barang yang dijual merupakan barang yang original.

Kendati demikian hal ini juga tidak menjamin apabila sparepart yang Anda beli tersebut Bukankah sparepart yang original. Di sinilah Anda juga harus memastikan apabila penjual tersebut mau menjelaskan tentang produk yang dijual. Ataupun Anda juga bisa mengajukan keluhan terhadap toko yang Anda pilih tersebut apabila spare part mobil yang Anda beli palsu.

  1. Membeli sesuai dengan kebutuhan

Tidak bisa dipungkiri apabila harga spare part mobil tergolong cukup mahal dan Sisi memang Anda juga harus membeli spare part yang sesuai dengan kebutuhan anda Misalnya saja Apabila Anda hendak membeli audio mobil. Dengan membeli sparepart mobil yang sesuai dengan kebutuhan inilah maka secara tidak langsung Anda bisa menekan biaya pengeluaran.

Tetapi apabila anda membeli spare part sekaligus maka biaya yang harus anda keluarkan mungkin tidak sedikit. Oleh sebab itu Anda juga harus lebih rajin untuk mengetahui bagaimana kondisi pada mobil anda.

  1. Mengenali ciri sparepart original

Langkah yang satu ini memang membutuhkan ketelitian khusus bagi Anda yang ingin mendapatkan sparepart original. Pada umumnya untuk memperhatikan suku cadang seperti audio mobil Anda bisa melihat dari kemasannya.

Pada umumnya kemasan suku cadang asli memiliki stiker hologram. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan sparepart mobil yang palsu di mana tidak dilengkapi dengan stiker hologram. Tak hanya itu saja Biasanya pada sudut ataupun lingkungan suku cadang yang palsu juga akan terlihat kasar. Hal ini tentu berbeda dengan sparepart mobil yang asli dimana memiliki permukaan yang cukup mulus.

  1. Membeli sparepart di kota kecil

Bagi Anda yang ingin mendapatkan spare part mobil dengan harga yang murah maka bisa menggunakan cara yang satu ini yaitu dengan membeli sparepart di kota kecil. Pada umumnya sparepart yang dijual di kota kecil ini memang memiliki harga yang cukup rendah. Hal ini berbeda dengan sifat yang dijual di kota besar di mana harganya cukup tinggi.

Untuk menyiasati biaya pengeluaran itulah maka anda bisa mendatangi kota kecil yang dekat dengan tempat tinggal Anda.

  1. Menawarkan garansi

Kehadiran garansi ini ternyata cukup penting bagi para konsumen termasuk garansi untuk spare part. Oleh sebab itu Anda juga harus memastikan apabila suku cadang tersebut memiliki garansi resmi atas pergantian apabila produk tersebut memiliki masalah dalam masa periode.

Cara ini juga dapat menghindarkan anda dari spare part mobil yang palsu. Untuk penggantian sparepart, apabila anda tidak bisa menggantinya sendiri atau merasa ragu maka ada baiknya untuk melakukan penggantian di bengkel profesional.

Itulah 5 tips dalam memilih spare part mobil yang perlu Anda ketahui. Tentunya Anda harus lebih jernih ketika akan membeli spare part mobil agar tidak tertipu dengan sparepart yang palsu.