Home Kendaraan Bus Pemkot Yogyakarta Hadirkan Micro Bus untuk Kawasan Wisata

Pemkot Yogyakarta Hadirkan Micro Bus untuk Kawasan Wisata

227
0

OTONIAGA.com – Pemerintah Kota Yogyakarta menghadirkan micro bus baru untuk digunakan sebagai moda transportasi umum dalam kota. Micro bus itu akan digunakan khusus untuk melayani sejumlah rute wisata.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan bahwa terdapat lima unit mikro bus yang dikenalkan untuk melayani rute wisata, terutama ke Jeron Beteng (di area Keraton Yogyakarta).

“Si Thole ini melayani rute wisata terutama Jeron Beteng (di area Keraton Yogyakarta),” kata Haryadi di area Stadion Kridosono Kota Yogyakarta, Minggu, 30 Juni 2019 seperti dilansir dari medcom.

Micro bus berwarna hijau tersebut dibuat dengan basis Hino tipe WU 302R-HKMLHD3B tahun pembuatan 2017 yang telah dimodifikasi menggandeng. Micro bus dengan kapasitas mesin 4.009 cc itu memiliki modifikasi yang cukup besar. Seperti pada bangku kayu dan dilengkapi pendingin udara dengan kekuatan dua kali lipat.

“Mikro bus ini merupakan bantuan pemerintah DIY untuk Pemkot Yogyakarta yang dihibahkan untuk Koperasi Forum Komunikasi Alun-alun Utara (FKAAU),” jelas Hayadi.

Micro bus khusus kawasan wisata itu ditargetkan sudah bisa digunakan pada akhir bulan Juli.

“Dengan armada baru kami akan bertahap mengganti armada lama agar wisatawan menjadi bertambah nyaman,” kata Fuad.

Mengenai tarif sendiri, dikatakan bahwa penumpang cukup merogoh gocek sebesar Rp 5 ribu untuk area Jeron Banteng. Sedangkan Rp10 ribu khusus untuk melintasi tiga lokasi pemberhentian. Micro bus Si Thole juga melayani penumpang hingga sejumlah halte, misalnya Ngabean, Taman Sari, Keraton, Taman Parkit Senopati, titik nol kilometer, serta Taman Pintar.