Home Kendaraan Niaga Truk Nikola Motor Klaim Truk Hibrid Buatannya Bebas Emisi

Nikola Motor Klaim Truk Hibrid Buatannya Bebas Emisi

422
0
Truk Trailer Nikola

Salt Lake City – Nikola Motor Company, perusahaan rintisan atau disebut dengan startup misterius yang beberapa waktu lalu sempat menghebohkan dunia otomotif karena menjanjikan sebuah truk trailer hybrid bermesin turbin bertenaga 2000-hp, dan beberapa bulan yang lalu mengklaim truk yang akan diproduksinya sudah dipesan sebanyak 7000 pemesanan, walau faktanya belum ada produk nyata – hanya desain render digital. Kini Nikola kembali merilis pengumuman yang tidak kalah mengejutkan dari sebelumnya.

Nikola Motors mengklaim, truk yang akan diproduksinya – Nikola One semi, dimana menggunakan mesin turbin yang mentenagai enam buah motor listrik, entah bagaimana menghasilkan 100 persen 0 emisi, alias bebas emisi.

Sayangnya, Nikola Motors tidak menjelaskan bagaimana hal yang mustahil itu dapat terjadi. Bagaimana bisa, mesin hybrid tidak menghasilkan emisi sama sekali. Dalam siaran pers yang dirilis baru-baru ini, Trevor Milton selaku CEO perusahaan tersebut memberi pernyataan yang tidak kalah aneh.

Ketika ditanya mengapa tidak pernah ada yang bisa mencapai hal ini (mesin hibrid bebas emisi), Milton menjawab “Hal tersebut, benar-benar nol emisi, membutuhkan rekayasa engineering yang berani dan eksekusi produk. Selama ini, pada pabrikan tradisional, produsen harus bekerjasama dengan perusahaan minyak, kelompok lingkungan, perusahaan kendaraan listrik, serta banyak hal termasuk banyak pemasok dari seluruh dunia. Namun pada perusahaan kami (Nikola), semua pengembangan berada dalam satu atap” ujar Milton.

Nikola Motor Company - Truk Semi Trailer Nikola One
Nikola Motor Company – Truk Semi Trailer Nikola One

Memang benar, kendaraan dengan bahan bakar gas alam akan memancarkan emisi gas buang lebih rendah dari bahan bakar konvensional lainnya, namun untuk mencapai 100 persen tanpa emisi adalah hal yang tidak mungkin. Jika Nikola mampu menghasilkan nol emisi pada kendaraan hibrid bertenaga gas alam, maka akan menjadi prestasi besar dan penemuan yang ajaib.

Anehnya, Nikola Motor dalam siaran pers terbarunya tidak menyebut kata-kata ‘turbin’ atau ‘gas alam’, walau pada informasi di laman utama situs web perusahaan masih menyebut truk bermesin turbin.

Sebuah media otomotif penasaran dan bertanya melalui akun twitter salah satu wakil perusahaan tersebut, dan menjawab respon langsung dari Milton.

“Kami akan menjelaskan hal tersebut dalam dua minggu dalam siaran pers terpisah. Kami tahu akan sangat membingungkan karena kurangnya informasi, namun kami berjanji memberi jawaban yang jelas dalam dua minggu.”

Sementara itu, Tesla termasuk dalam rencana besar jangka panjangnya, mengumumkan akan membuat truk trailer listrik bebas emisi. (Wel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here