Home Kendaraan Niaga Truk Berambisi Jadi Produsen Top Truk Global, VW Gaet Navistar

Berambisi Jadi Produsen Top Truk Global, VW Gaet Navistar

295
0

Frankfurt – Divisi Truk Volkswagen (VW) mengumumkan kemitraan dengan pabrikan truk asal Amerika Serikat, Navistar International Corporation. Dalam kongsi yang dijalin melalui pertukaran 16,6% saham ini, Divisi Truk VW itu akan memasok mesin truk ke mitranya tersebut.

Seperti dilaporkan Reuters dan Wall Street Journal, VW melihat Navistar sebagai mitra potensial karena memiliki jaringan diler yang luas di kawasan Amerika Utara. Walhasil, sejak lama pabrikan asal Jerman itu berniat untuk menggandeng produsen truk itu sebagai bagian ambisinya untuk membangun citra sebagai produsen truk global yang andal.

Niatan ini tak bertepuk sebelah tangan. Pasalnya, Navistar juga tengah ngebet untuk mendapatkan mitra untuk mendapatkan mesin berteknologi tinggi yang memenuhi tuntutan standar emisi. Seperti diketahui, setelah skandal kecurangan uji emisi yang dilakukan VW terkuak ke publik pada akhir tahun lalu, pabrikan ini semakin ketat mengembangkan teknologi yang memenuhi tuntutan standar emisi.

Dalam kongsi ini, VW membayar per lembar saham Navistar US$ 16. Sehingga, total nilai yang harus dia bayar mencapai US$ 223 juta.

Baik VW maupun Navistar akan mengumumkan jalinan kerjasama di antara mereka dalam waktu dekat. Seperti diketahui, setelah mengakuisisi produsen truk MAN dan Scania, kemampuan teknologi mesin VW semakin diakui dunia. (Ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here