Home Rest Area BYD Ciptakan Armada Truk Kebersihan Bertenaga Listrik Terbesar di Dunia

BYD Ciptakan Armada Truk Kebersihan Bertenaga Listrik Terbesar di Dunia

305
0

Beijing – Perusahaan otomotif asal China, BYD sudah menjadi perusahaan otomotif bertenaga baterai-listrik untuk bus. Kini mereka menambah daftar produk mereka, truk kebersihan.

Dan untuk merayakan kerjasama mereka, BYD Company Ltd. and the Beijing Environmental Sanitation Engineering Group Ltd. Meluncurkan armada truk kebersihan dengan tenaga listrik – total 26 model – untuk melayani kota Beijing. Kapasitas truk beragam, dari 1 ton hingga 32 ton.

Ke 26 truk itu memiliki kegunaan masing-masing, mulai dari mengambil, mengangkut dan membuang sampah, menyapu jalan, menyiram tanaman, truk air, dan refrigerator untuk menampung sampah berbahaya.

Dengan meluncurnya armada truk ini, BYD bisa dibilang menjadi perusahaan dengan armada kebersihan bertenaga listrik terbesar di dunia. Beijing Environmental Sanitation Engineering Group diperkirakan akan mengganti 45 persen dari model bermesin diesel ke model listrik sebelum tahun ini berakhir dan memiliki armada 100 persen truk listrik pada 2017.

Armada ini bergabung dengan 22 kendaraan listrik 16 ton truk penyapu jalan yang sudah digunakan hampir setahun lamanya.

BYD menggunakan baterai sebesar 350 kilowatt-hour yang dapat diisi penuh selama 3.5 jam dengan waktu operasi selama 8 jam dengan jarak tempuh 250 miles atau sekitar 400 km. Dengan fitur vehicle to vehicle (V2V) yang dimiliki, truk dapat mengisi baterai listrik truk lain yang membutuhkan dan menghilangkan kekhawatiran akan kehabisan tenaga listrik di tengah perjalanan.

Truk hadir dengan perlengkapan kamera bersudut pandang 360° yang memungkinkan pengemudi dapat memantau seluruh operasi. Terdapat juga GPS yang bisa memantau dimana setiap kendaraan berada.

Selain dengan keunggulan ramah lingkungan truk beremosi 0 ini, biaya operasional sebuah truk listrik 8 ton hampir separuh dari truk bermesin diesel yang sepadan.

Memang sejak awal tahun ini pemerintah China meminta adaptasi armada listrik untuk truk kebersihan dan logistik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here