Edan,Volvo Punya ‘Malaikat’ Pelindung Pejalan Kaki dan Pesepeda

    264
    0

    Torslanda – Untuk menguatkan dirinya sebagai pemimpin di bidang keselamatan, Volvo Buses akan meluncurkan sistem yang mendeteksi pejalan kaki dan pesepeda – Pedestrian and Cyclist Detection System.

    Sistem yang diklaim oleh Volvo Buses unik di industri bus ini secara terus-menerus memantau lingkungan sekitar bus menggunakan kamera. Ketika sistem ‘melihat’ pengguna-jalan tak terlindungi (unprotected road-users) di dekat bus, sistem akan memberi peringatan berupa bunyi kepada pejalan atau pesepada bahwa bus sedang mendekat. Pada saat yang sama, pengemudi disiagakan melalui suara dan cahaya sinyal di dalam kendaraan. Jika ada risiko besar akan sebuah insiden, klakson bus diaktifkan.

    Peluncuran sistem ini akan dilakukan oleh Volvo Buses di pameran IAA Hannover 2016.

    “Kecelakaan yang melibatkan bus dan pengguna-jalan tak terlindungi (unprotected road-users) jarang terjadi. Namun ketika hal itu terjadi maka akan menjadi sangat serius. Untuk meminimalkan kecelakaan tersebut, para pengemudi dan siapa saja yang bergerak di seputar bus wajib memperhatikan lalulintas,” kata Peter Danielsson, Director Vehicle Features and Safety pada Volvo Buses.

    “Dalam konteks ini,  Pedestrian & Cyclist Detection System sangat mendukung.”

    Pedestrian and Cyclist Detection System akan diuji di rute 55 Gothenburg pada tahun ini.

    Sistem ini menjadi salah satu bagian dalam menekan angka kematian akibat kecelakaan jalan raya yang kini mencapai 1,25 juta. [Itn]

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here