Home Kendaraan Niaga Truk Listrik Fuso eCanter Bikin Senyum Pengusaha Lebih Lebar

Truk Listrik Fuso eCanter Bikin Senyum Pengusaha Lebih Lebar

483
0
truk listrik fuso

Hannover – Truk listrik Fuso eCanter akan menggantikan Fuso Canter E-Cell.

Sebelum dijual ke pasar, Daimler Trucks Asia (DTA – dioperasikan bersama Daimler AG dan Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation) Fuso eCanter akan dipamerkan perdana dunia di IAA Hannover 2016 (22 – 29 September).

Fuso eCanter sendiri merupakan generasi ketiga dari Fuso Canter E-Cell yang dikembangkan berbasis Fuso Canter E-Cell generasi kedua yang telah dicoba oleh para pelanggan di Jepang pada tahun 2013, Portugal pada tahun 2014, dan saat ini di Stuttgart. Generasi pertamnya sendiri muncul 6 tahun lalu (2010).

Fuso eCanter sanggup menjelajah lebih dari 100 kilometer, melebihi rata-rata jarak truk distribusi bergerak setiap hari. Di Jepang 80% truk ringan melakukan perjalanan dalam sehari sekitar 50 kilometer.

Karena pengembangannya berdasarkan pengujian oleh para pelanggan, DTA mengembangkan konsep modular untuk baterai-baterai truk yang menawarkan daya jelajah lebih jauh dan daya angkut lebih besar bergantung kebutuhan konsumen. Sepaket baterai bisa terdiri dari 3 sampai 5 baterai. Setiap baterai memiliki kapasitas 13.8kWh.

Untuk mengisi ulang (charge) baterai-baterai Mitsubishi Fuso eCanter di sumber listrik 200 volt butuh waktu sekitar 7 jam. Sementara jika menggunakan sistem pengisian DC cepat (fast charging), hanya perlu kurang dari 1 jam (untuk mencapai 80%, 73kW)

Motor listriknya sendiri memuntahkan tenaga 185 kW dan torsi 380 Nm. Daya angkut truk mencapai 2 – 3 ton.

Dikatakan oleh Daimler Trucks Asia, bahwa Fuso eCanter akan lebih menyenangkan para pemiliknya dibandingkan generasi kedua. Selama pengujian oleh para pelanggan, ditemukan fakta bahwa mereka dapat menghemat uang 1000 euro per 10000 kilometer dibandingkan Fuso diesel. Bahkan biaya perawatan generasi kedua Fuso Canter E-Cell lebih murah 30% dari Fuso diesel. Artinya truk listrik menjadi solusi biaya untuk para pelanggan.

Di IAA Hannover2016, Mitsubishi Fuso eCanter terlihat futuristik dengan lampu-utama (headlights) LED, grille dan bumper istimewa. Interiornya modern dengan desain baru plus tablet (dengan fungsi konektivitas) di tengah dan dapat dicopot.

Truk listrik Fuso eCanter akan dikirim ke para pelanggan terpilih yang punya bisnis pengiriman dalam kota di Amerika Serikat, Jepang dan Eropa, mulai akhir tahun 2017. [Itn]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here