Home Kendaraan Niaga Truk Ultah Ke-3, CMIC Berniat Bikin Tambahan Rambu Tanjakan

Ultah Ke-3, CMIC Berniat Bikin Tambahan Rambu Tanjakan

618
0

Jakarta – Komunitas Canter Mania Indonesia Community (CMIC) berniat membuat rambu-rambu khusus yang lebih informatif di jalanan yang memiliki tanjakan tinggi bagi para pengemudi saat merayakan ulang tahun ke-3 nanti. Petunjuk seperti itu dirasakan paling dibutuhkan mereka.

Menurut Wakil Ketua CMIC, Zainur Rohman, hingga saat ini aparat terkait memang telah membuat rambu yang menunjukan adanya tanjakan atau turunan tajam. Namun, rambu tersebut dirasakan banyak pengemudi truk yang kurang rinci sehingga tak sedikit diantara mereka yang tidak siap saat menghadapi tanjakan yang tinggi atau turunan yang curam.

“Terutama pengemudi yang jarang atau baru pertamakali melintasi suatu kawasan yang memiliki turunan tajam. Sehingga mereka melajukan truknya dengan posisi gigi dua. Padahal, kepanikan dan cara yang tidak tepat bisa berisiko. Selain menjadikan mesin cepat aus juga berbahaya baik bagi diri awak truk maupun kendaraan atau orang lain yang berada di belakang atau depannya,” papar Zainur dalam pesan singkatnya kepada Otoniaga, Rabu (28/9).

cmic-facebookKini, rencana tersebut telah disampaikan oleh para pengurus CMIC di wilayah masing-masing dan selanjutnya mereka akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan setempat. “Pembuatan informasi tambahan sudah dilakukan. Nanti pas hari ulang tahun serentak kita pasang,” ucapnya.

Sementara, penyelenggaraan perayaan ulang tahun ke-3 CMIC akan dilangsungkan di Bojonegoro, Jawa Timur, pada 20 November mendatang. “Persiapan perayaan yang kami lakukan sudah mencapai 80 persen. Insya Allah pas penyelenggaraan semua sudah rampung. Soal acara nanti teman-teman dari CMIC pusat yang akan menangani,” tutur penyelenggara HUT ke-3 CMIC yang juga pengurus Koridor Bojonegoro, Viky Sang Petualang.

Soal pemasangan informasi tambahan rambu di wilayah yang banyak tanjakan, Viky mengaku sepakat. Pasalnya, kata dia, banyak kejadian pengemudi yang harus bersusah payah ketika melintasi jalanan berkarakter seperti itu.

“Maklum, truk kan biasanya membawa muatan berat. Berbeda dengan kendaraan penumpang. Jadi saya kira inforamsi tambahan seperti berapa derajat dan berapa panjang tanjakan itu penting disampaikan,” kata dia. (Ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here