Home Kendaraan Niaga Truk Ini Strategi Mitsubishi Sambut Proyek Infrastruktur Indonesia Timur

Ini Strategi Mitsubishi Sambut Proyek Infrastruktur Indonesia Timur

411
0

Jakarta – Mitsubishi Fuso Truck menyuguhkan dua andalannya di Pameran Otomotif Makassar (POMA) 2016, yakni Mitsubishi Colt Diesel FE SHD-X 6.6 dan Fuso FM 517 HS. Keduanya disodorkan karena ada peluang besar di pasar Indonesia bagian Timur terutama pembangunan infrastruktur.

“Model dump truck (Fuso FM 517 HS), banyak digunakan di area Makassar dan sekitarnya. Karena kendaraan truk ini cocok untuk digunakan oleh sektor konstruksi dan infrastruktur, perkebunan dan pertambangan,” tutur Head of Public Relation & Promotion Department Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Sudaryanto, kepada Otoniaga melalui pesan singkat, Selasa (4/10).

Minat konsumen di wilayah ini terhadap truk Mitsubishi Fuso terbilang tinggi. Terbukti hingga saat ini Mitsubishi Fuso berhasil menggenggam 42,5% pangsa pasar kendaraan niaga di Makassar dan sekitarnya.

Bahkan Totok mengaku optimis, ke depan, peluang pasar bagi truk-truk besutan pihaknya akan semakin besar. Pembangunan infrastruktur di kawasan mulai dari Sulawesi hingga Papua yang terus menggeliat menjadi pemantiknya.

Terlebih tahun 2017 nanti, Papua akan menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga Nasional (PON). Pembangunan infrastruktur dan berbagai sarana penunjang hajatan pun bakal digenjot. Sehingga permintaan berbagai varian truk diperkirakan meningkat.

“Makassar merupakan hub (pusat kegiatan dan titik sentral aktifitas) untuk wilayah Indonesia bagian Timur, tentu sangat potensial untuk distribusi berbagai kebutuhan. Inilah nilai strategis kita mengikuti pameran (POMA 2016) ini,” ujarnya.

Terlebih, dua varian truk yang disuguhkan di ajang tersebut juga memiliki karakter dan keunggulan yang sesuai dengan kondisi geografis dan karakter alam setempat.

Mitsubishi Colt Diesel FE SHD-X 6.6 misalnya selain menawarkan performa mesin yang lebih andal juga daya angkut yang lebih besar. Truk yang diluncurkan pertama kali di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 itu dibekali Mesin 4D34-2AT7 Turbo Intercooler bertenaga 136 PS dengan torsi 38 kg.m.

Dia juga mempunyai Rear Axle Housing yang lebih besar. Walhasil mampu menopang beban muatan lebih kuat dengan jumlah volume yang lebih besar.

Sementara, diameter spindle dibuat lebih besar sehingga traksi cengkraman roda semakin kuat. Ubahan itu membuat truk tersebut mampu beroperasi di segala medan termasuk lintasan off-road. Terlebih Rear Axle Shaft yang lebih besar dan kokoh dengan diameter 38mm.

Keunggulan lain yang ditawarkan adalah, differential gear set lebih besar dengan ukuran dan penampang ring lebih besar yakni 354 mm. Begitu pun dengan diameter drive pinion yang lebih besar dan lebih panjang.

Mitsubishi juga membuat rear carrier kit lebih besar, sehingga truk semakin kokoh. Terlebih, counter shaft bearing (transmisi) menggunakan material berkualitas prima dan diberi penutup dengan final gear ratio yang lebih panjang, sehingga masa pakai lebih lama.

mitsubishi-fuso-fm-517-hsAdapun Fuso 517 HS merupakan dump truck bermesin diesel 6D16-3AT2, 6 silinder, berpendingin air, injeksi langsung, dan ber-turbo intercooler. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga hingga 220 pada 2.800 rpm dan torsi maksimum 65 kg.m pada 1.400 rpm.

Hanya, Totok tak bersedia menyebutkan target penjualan di wilayah bagian Timur Indonesia itu. Dia hanya mengatakan, selama ini wilayah bagian Timur ini menyumbang 17% terhadap total penjualan kendaraan niaga Mitsubishi Fuso secara nasional.

“Kalau khusus Makassar kontribusinya terhadap total penjualan nasional sebesar 3%,” imbuhnya. (Ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here