Home Kendaraan Niaga Truk Begini Cara Volvo Unjuk Kecanggihan Fitur Keselamatan Truk

Begini Cara Volvo Unjuk Kecanggihan Fitur Keselamatan Truk

498
0

Brussels – Volvo telah mendemonstrasikan dua fitur canggih terbaru yang bakal dipasang pada truk buatannya, yakni Sistem Peringatan Dini Potensi Tabrakan (ACWS) dan Sistem Pengereman Darurat (AEBS). Kedua peranti ini bekerja saling berkaitan untuk menjamin keamanan dan keselamatan selama perjalanan.

Laman resmi Grup Volvo menyebut, demonstrasi kedua fitur itu dilakukan di hadapan para delegasi dan pengurus Dewan Keselamatan Transportasi Eropa (ETSC) yang berkonferensi di di Gothenburg, Belgia. Para ahli Volvo saat itu mengatakan,ACWS bekeraja dengan menggunakan sensor dan kamera.

Sistem tersebut akan memindai situasi dan kondisi lungkungan sekitar dimana truk tengah melaju hingga putaran sudut mencapai 360 derajat. Ketika sensor menangkap ada benda atau potensi tabrakan, maka sistem akan mengingat pengemudi tentang bahaya tersebut dan meminta segera melakukan pengereman.

Namun, jika pengemudi lalai, lupa, atau tak sempat melakukan pengereman, maka peranti AEBS akan membantu melakukan pengereman truk. Walhasil, kecelakaan pun bisa dihidarkan. Itulah manfaat kedua peranti tersebut.

“Meningkatkan keselamatan lalu lintas memang meliputi berbagai hal yang berebeda-beda. Mulai dari penggunaan sabuk pengaman hingga berbagai hal yang menyangkut berbagai solusi teknis yang bersifat integratif. Sehingga menarik bagi kita untuk menyaksikan aksi (demostrasi dua fitur itu) tutur Direktur Eksekutif AETC, Antonio Avenoso.

Organisasi AETC yang berkantor pusat di Brussel, Belgia, bertugas memberikan informasi yang terkait dengan aspek keselamatan angkutan baik truk, bus, dan kendaraan lainnya kepada Uni Eropa dan Parlemen Eropa. Lembaga itu juga bisa meminta pabrikan yang menjual produknya untuk menunjukan aspek-aspek teknologi keselamatan yang ditawarkannya sesuai dengan standar yang ditetapkan di Eropa. (Ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here