Home Kendaraan Niaga Bus Ingin Bebas Polusi, Madrid Beli 82 Bus Mercy Citaro NGT Anyar

Ingin Bebas Polusi, Madrid Beli 82 Bus Mercy Citaro NGT Anyar

524
1

Madrid – Perusahaan transportasi umum kota Madrid , Spanyol, Empresa Municipal de Transportes de Madrid (EMT)  langsung memesan 82 bus berbahan bakar gas alam (CNG) Mercedes-Benz Citaro NGT begitu pemerintah kota mencanangkan diri sebagai kota bebas polusi. Bus asal Jerman itu dinilai pas untuk menyuguhkan angkutan yang ramah lingkungan.

Kota Madrid yang berpenduduk 3,2 juta jiwa, saat ini sudah merasakan tingkat polutan yang tinggi. Sementara EMT yang memiliki 1.920 bus.  Namun, sebagian besar bus tersebut masih menggunakan bahan bakar yang menghasilkan emisi CO2 yang cukup tinggi.

Sementara, bus Citaro NGT terbaru yang dipesan EMT mengusung mesin CNG  dengan kapasitas 7.700 cc  dengan bobot yang mencapai 747 kilogram termasuk precatalyst. Mesin itu menggunakan basis mesin turbodiesel OM936 dengan enam silinder yang disetel secara vertikal.

Mesin ini diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 302 hp pada putaran mesin 2.000 rpm dan torsi maksimum 1.200 Nm pada 1.200 – 1.600 rpm. Sedangkan emisi gas CO2 yang dihasilkan hampir pada tingkat netral.

Namun, keunggulan lain yang ditawarkan mesin itu adalah kesenyapan suaranya. Meski tergantung pada karakteristik jalanan yang dilewati – saat menanjak mesin lebih meraung dan di jalanan langsam cenderung senyap – , namun deruman suara mesin rata-rata hanya 4 desibel (db).

Dengan serangkaian keunggulan itu, bus New Citaro NGT itu dinilai pas untuk digunakan di kota yang sibuk yang diselingi areal kota tua yang banyak dikunjungi turis. Sebab, tipologi kondisi kota seperti itu sangat membutuhkan udara yang bersih.

Adapun EMT adalah perusahaan jasa transportasi terbesar di kota Madrid. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1947 dan dimiliki oleh pemerintah kota. (Ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here