Home Kendaraan Niaga Truk Volvo Trucks Sukses Bikin Konsep Truk Lebih Irit BBM

Volvo Trucks Sukses Bikin Konsep Truk Lebih Irit BBM

594
3
truk irit

Göteborg – Truk irit BBM (bahan bakar minyak) terus menjadi perhatian setiap produsen kendaraan niaga tak terkecuali Volvo Trucks.

Perusahaan yang berdiri pada tahun 1927 ini mengembangkan satu konsep kendaraan bernama Volvo Concept Truck berbasis Volvo FH 420 bersama Swedish Energy Agency dan US Department of Energy.

Selama 5 tahun proyek American SuperTruck berjalan, berhasil membuat memangkas konsumsi BBM hingga 30%.

Tentu saja banyak perbaikan dilakukan oleh mereka. Salah satu faktor penting adalah perbaikan massif aerodinamika sebesar 40% di bagian trailer (gandengan) dan traktor(kepala).

“Kami telah memodifikasi seluruh rig dan mengoptimalkannya untuk meningkatkan aerodinamika sebanyak mungkin. Misalnya, kami menggunakan kamera pandangan-belakang (sebagai pengganti kaca spion konvensional). Ini memotong hambatan udara, sehingga lebih sedikit energi yang dibutuhkan untuk mendorong truk,” jelas Åke Othzen, Chief Project Manager at Volvo Trucks.

truk irit

Beberapa langkah perbaikan lain berupa pengoptimalan aliran udara untuk sistem pendinginan mesin, di bagian rumah roda, bagian pijakan untuk masuk ke kabin.

Satu hal pendukung dalam memangkas pemborosan BBM adalah penggunaan ban-ban berdaya gulir rendah.

Konsep truk irit BBM belum dijual karena masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut. Namun, beberapa fitur aerodinamika telah diimplementasikan pada truk-truk seri produksi Volvo Trucks. Sejumlah solusi lain kemungkinan dapat dipasang di masa depan.

“Kami terus bekerja mengembangkan kendaraan-kendaraan yang lebih hemat energi. Ini adalah wilayah prioritas tinggi baik dari kepedulian lingkungan dan untuk mengurangi biaya para pelanggan kami,” kata Claes Nilsson, President dan CEO Volvo Trucks. [Itn]

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here