Home Kendaraan Bus 30% Bus Mudik Lebaran di Depok Tidak Layak Jalan

30% Bus Mudik Lebaran di Depok Tidak Layak Jalan

178
0

Depok – Menghadapi mudik tahun ini, ternyata Dinas Perhubungan Kota Depok menemukan 30 persen atau 24 dari 72 bus mudik Lebaran tidak layak jalan. “Kami sudah periksa sejak Sabtu lalu, hasilnya banyak yang tidak laik jalan,” kata Gandara, kepalas Dinas Perhubungan Depok.

Armada bus mudik lebaran yang berangkat dari Depok umumnya memiliki tujuan kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Untuk memberikan pelayanan yang aman dan nyaman, Gandara meminta perusahaan mengganti onderdil bus yang tidak laik jalan dengan onderdil yang kondisinya baik.

”Yang dicek rem, ban, dan kelengkapan lainnya. Paling banyak yang bannya vulkanisir. Kami meminta PO bus menggantinya,” ucapnya.

Gandara juga mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan empat tenaga penyidik pegawai negeri untuk memeriksa armada bus. Petugas akan mengawasi selama 24 jam. “Terbagi menjadi dua tim, di pagi dan malam hari,” kata Gandara.

Bila ada bus yang bermasalah dan perusahaan telah diberi teguran untuk memperbaiki onderdil namun belum dilakukan, maka akan dilakukan tilang dan kendaraan dilarang untuk beroperasi.

Gandara melihat tahun ini pemudik berkurang dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan tren pemudik yang menggunakan bus berkurang tiap tahunnya.

“Banyak yang ikut mudik gratis dan memilih angkutan lain yang tidak kena macet, seperti kereta dan pesawat,” ujar Gandara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here