Home Roda Niaga Kini, Bisnis Kuliner dengan Food Truck Tak Harus Mahal

Kini, Bisnis Kuliner dengan Food Truck Tak Harus Mahal

3382
2
food truck-magazine
food truck-magazine

Potensi bisnis food truck masih besar

Pengamat usaha kecil dan menengah, Kamarukmi Setyawardhani menyebut potensi dan prospek bisnis food truck masih terbuka lebar dengan nilai yang masih besar. Sebab, binis makanan merupakan bisnis yang tak mengenal krisis.

“Selagi orang masih membutuhkan makan, maka bisnis kuliner masih tetap akan berjalan. Hanya memang, jika terjadi krisis hanya penyesuaian standar baik harga maupun varian menu yang ditawarkan. Tetapi, secara umum, potensi bisnis masih sangat besar apalagi dengan food truck,” papar pengajar jurusan manajemen di sebuah perguruan tinggi di Jakarta Barat itu.

Ihwal food truck yang menjadi daya tarik, Rukmi – panggilan akrab Kamarukmi- mengatakan, karena kendaraan itu sesuai dengan tren yang tengah terjadi dan bahkan gaya hidup yang akan datang. Saat ini orang-orang muda perkotaan senang mengkonsumsi makanan yang disajikan dengan gaya yang tengah menjadi tren.

Sementara, dengan menggunakan food truck selain bergaya mengikuti perkembangan, juga lebih praktis. Mobil ini bisa dipindah kemana pun, baik di tempat tertentu secara permanen maupun berpindah-pindah. Bahkan di saat ada pameran atau acara-acara tertentu seperti konser music, pertandingan olah raga atau lainnya juga bisa dihadirkan.

Namun, Rukmi mewanti-wanti agar calon pebinis juga memperhatikan beberapa hal sebelum menentukan pilihan. Pertama, tentu saja, pilihan menu yang akan ditawarkan ke pembeli. Sebaiknya dipilih menu yang menjadi kesukaan banyak orang, menarik, serta dengan harga yang terjangkau rata-rata orang namun tetap yang menjadi tren.

Kedua, penampilan food-truck yang digunakan harus menarik dan terkesan trendy. Sehingga selain menarik perhatian, orang yang akan membeli makanan juga merasa bangga ketika mendatanginya.

Ketiga, harus ditentukan lokasi penempatan food truck. Apakah berada di satu titik tertentu atau mobile berpindah-pindah. Tapi, yang pasti, faktor lokasi selain harus mudah dijangkau dan dilihat orang juga harus nyaman, bersih, dan strategis.

Keempat, sebaiknya menggunakan nama tertentu yang menarik untuk nama food truck yang digunakan. Selain sebagai identitas, dengan nama tersebut mengesankan bisnis ini merupakan bisnis yang bonafide. “Usahakan nama itu yang singkat, unik, dan menarik. Sehingga mudah diingat dan memberi kesan positif,” paparnya. (Yja/Ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here