Home Kendaraan Niaga Truk Dongfeng China Luncurkan Truk ‘Long Nose’ Baru Akhir Tahun Ini

Dongfeng China Luncurkan Truk ‘Long Nose’ Baru Akhir Tahun Ini

1846
0

Liuzhou – Pabrikan otomotif asal Liuzhou, Guangxi, China, yakni Dongfeng Liuzhou Motor Company, berniat meluncurkan varian baru truk’long nose’ – Chenglong T7 6×4 – pada akhir tahun ini. Penggelontoran varian anyar ini dilakukan karena kinerja penjualan truk Dongfeng jenis ini sangat gemilang.

Laman China Auto Review melaporkan, penjualan truk hidung panjang Dongfeng saban tahunnya mencapai 3.000 – 5.000 unit. Jumlah itu setara dengan 50% pangsa pasar truk hidung panjang di China.

Truk Chenglong T7 rencananya menyasar segmen premium. Tingkat konsumsi bahan bakarnya diklaim lebih irit yakni lebih hemat 2-3 liter per 100 kilometer.

Peningkatan juga diklaim terjadi pada aspek kenyamanan dan keamanan. Getaran di kabin yang minim, plus kabin lebih lapang, pengendalian yang mudah adalah sederet peningkatan yang disuguhkan di truk anyar tersebut. Maklum, suspensinya menggunakan tekologi anyar. Sedangkan suspensi belakang menggunakan teknologi semi pneumatik.

Penggunaan sistem suspense ini sangat cocok bagi Chenglong T7 yang merupakan truk on road, dengan kondisi jalanan dimana pun truk akan dipasarkan. Truk dengan konfigurasi penggerak roda 6×4 ini mengusung mesin Dongfeng Cummins ISZ450.41 turbodiesel yang mampu menyemburkan tenaga hingga 450 hp.

Sejatinya, pengembangan truk ini sudah dilakukan sejak tahun 2013. Saat itu ekonomi Negeri Tirai Bambu ini belum terlalu melambat – meski sudah terinfeksi virus krisis yang menggejala di Eropa – dibanding saat ini.

Hanya, hingga kini Dongfeng masih belum memnginformasikan soal harga truk anyar besutannya itu. (Ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here